Kabupaten Bangka Usung Memarong di Karnaval Solo

by -

FKB.COM, SOLO –  Karnaval Kendaraan hias dari 35 provinsi di Indonesia warnai HUT ke 44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Solo, Rabu (15/5/2024)

Dalam karnaval yang juga diikuti oleh Ibu Negera Iriana Joko Widodo dan Wuri Ma’ruf Amin serta para istri pejabat kabinet Indonesia Maju juga Dekranasda seluruh Provinsi/Kabupaten/Kota di Indonesia tersebut mengusung konsep Nusantara dari daerah masing – masing.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Dekranasda Provinsi, Dekranasda Kabupaten Bangka dan Dekranasda Kota Pangkal Pinang mengusung tema kearifan lokal berupa rumah adat Belitong, Rumah Memarong Mapur serta Masjid Kubah Timah yang menjadi ikon Kota Pangkal Pinang.

Ketua Pj. TP PKK Kabupaten Bangka Farrah Diba Haris, SE kepada rri.co.id usai menyaksikan karnaval dari panggung kehormatan mengungkapkan kebanggaannya terhadap tiga utusan dari provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya Kabupaten Bangka.

“Bangga saya, dari konsep kita lengkap, Provinsi dengan rumah adat Belitong, Pangkalpinang dengan Masjid Kubah Timahnya dan kita Kabupaten Bangka dengan keunikan Memarong yang merupakan rumah orang Mapur. Jadi disini kita dapat sekaligus memperkenalkan apa yang ada di daerah kita,” kata Farrah Diba

Ia juga mengapresiasi semangat para peserta Karnaval yang dinilainya luar biasa.

“Saya lihat tadi dari Kabupaten Bangka ada tiga penari sambil menari disepanjang rute pawai, itu luar biasa. Saya sungguh bangga menyaksikannya. Budaya kita itu khususnya di Kabupaten Bangka sangat eksotik dan kaya,” ucapnya

Sementara itu salah seorang warga solo Atmariani yang ikut menyaksikan karnaval mengatakan apa yang disajikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terbilang unik.

“Saya tadi sempat minta foto Mas sama penari – penari dari Bangka Belitung yang Kabupaten Bangka itu. Mereka kok tahan ya menari disepanjang jalan itu malah ada yang ndak beralas kaki loh,” kata Atmariani dengan logat Jawa Timur nya.

Selain HUT ke 44 Dekranas, even lainnya yang juga diselenggarakan bersamaan di kota yang dipimpin oleh calon Wakil Presiden terpilih 2024 – 2029 Gibran Raka Buming Raka itu yakni Jambore Nasional Kader PKK ke 52. Dieven satu tahun sekali teesebut Kabupaten Bangka juga mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti tmdua cabang lomba yakni lomba memasak menu tradisional yang telah dilaksanakan kemarin, Selasa, 14 Mei 2024 dan Lomba menyanyi Jingle PKK Gelari Pelangi dimana Tim TP PKK Kabupaten Bangka, Kamis 16 Mei 2024 akan menampilkan kepiawaiannya mengolah vokal di Gedung Kesenian dan bersaing dengan 35 peserta lainnya dari Provinsi di Indonesia.(Rel)