Gelar Deklarasi ODF, PJ Bupati Haris Sebut Ini Bukan Akhir Perjuangan

by -

FKB. COM, BANGKA – Dalam mewujudkan Kabupaten Bangka Sehat, Pemerintah Kabupaten Bangka melaksanakan Deklarasi ODF (Open Defecation Free) Stop Buang Air Besar Sembarangan yang diselenggarakan di Gedung Pertemuan GRHA Maras, Senin (29/4/24).

ODF merupakan penerapan lima pilar sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) yaitu pertama stop buang air besar sembarangan (SBS), kedua cuci tangan pakai sabun (CTPS), ketiga pengelolaan makanan dan minuman rumah tangga (PMMRT), keempat pengelolaan sampah rumah tangga (PSRT) dan kelima adalah pengamanan limbah cair rumah tangga (PLCRT).

Pj. Bupati Bangka M. Haris dalam sambutannya menjelaskan, kabupaten bangka dalam mencapai ODF saat ini tidak terlepas dari dukungan dari semua pihak mulai dari kecamatan, desa bahkan dusun dan peran serta masyarakat itu sendiri.

“Kami menyadari bahwa bangka Deklarasi ODF bukan akhir perjuangan, dan ini merupakan langkah awal kita menuju kabupaten Satinasi total berbasis masyarakat (STBM) sehingga masih terdapat empat pilar lagi yang harus kita perjuangkan,” jelas haris.

M. Haris juga mengucapkan terimakasih kepada Forum Kabupaten Bangka Sehat yang telah beberapa kali memperoleh penghargaan sehingga beberapa tahun terakhir terjadi perubahan peraturan dimana kabupaten bangka memperoleh Swasti Saba Wistara sehingga sudah dapat predikat sabagai kabupaten ODF dari pemerintah pusat.

Sementara itu Direktur Tata Kelola Kesehatan Masyarakat kemenkes RI dr. Then Suyanti, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa, dengan deklarasi ini merupakan momentum bersama dengan harapan ditahun 2024 ini bisa mendeklarasikan 4 pilar lainnya.

“Perjuangan kita masih cukup panjang karena bukan hanya satu pilar saja yang yang harus dicapai, dan kita harap pencapaian ini dipertahankan kalau bisa ditingkatkan sehingga kelima pilar tersebut dapat tercapai dengan berkolaborasi dengan lintas sektor dengan mitra pembangunan yang ada untuk menuju indonesia yang lebih baik,” kata dr.then.

Pada acara ini juga dilakukan pembacaan deklarasi yang di ucapkan oleh Pj. Bupati dan diikuti oleh camat didelapan kecamatan yang ada di kabupaten bangka, serta pemberian sertifikat kepada kabupaten bangka sebagai kabupaten Open Defecation Free (ODF) untuk tahun 2024.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Prov. Babel, Forum Bangka Sehat, Kepala OPD dilingkungan pemkab bangka, Staf Ahli Bupati, camat se-kab. Bangka dan para tamu undangan lainnya. (Red)

Sumber: diskominfo