Desa Sadai Jadi _Pilot Project_ Pembangunan _Cold Storage_ Tenaga Surya di Babel

oleh
Wagub Abdul Fatah hadiri kegiatan pembangunan awal atau _ground breaking ice maker and cold storage_ bertenaga surya di Kantor Desa Sadai, Kecamatan Tukak Sadai, Bangka Selatan (Basel), Selasa (10/5/2022).

TUKAK SADAI – Menjelang berakhirnya masa jabatan pasangan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman dan wakilnya Abdul Fatah, meninggalkan satu lagi jejak pembangunan di Bangka Belitung. Kali ini, dengan menandai pembangunan awal atau _ground breaking ice maker and cold storage_ bertenaga surya di Kantor Desa Sadai, Kecamatan Tukak Sadai, Bangka Selatan (Basel), Selasa (10/5/2022).

Pembangunan yang direncanakan akan dilakukan di kawasan Dusun Nipah Kuning itu, berkat kerja sama yang dibangun antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel dengan PT Surya Energi Indotama (SEI), sekaligus menjadikan Desa Sadai sebagai desa pertama didirikannya pabrik _ice maker and cold storage._ Demikian diungkapkan Wagub Babel Abdul Fatah dalam sambutannya.

“Tujuan ini sangat strategis, dan kami yakini desa ini akan menjadi desa pemantik dan akan menjalar ke desa-desa yang lain, setidaknya yang ada di lingkungan se-Kecamatan Tukak Sadai. Ini adalah pengaruh positif bagi lingkungan hidup di desa,” ujarnya.

BACA JUGA :  Disperindag Babel Bersama Kesbangpol Babel Bangkitkan Semangat Hari Kebangkitan Nasional Ke-114

Dengan adanya pabrik _ice maker and cold storage_ ini juga, kata Wagub Abdul Fatah, menjadi bukti jika di tingkat desa bukan hanya sekadar objek pembangunan saja, melainkan sebagai subjek yang mampu menginisiasi akselerasi pembangunan sesuai kehendak, dan nurani masyarakat khususnya para nelayan, serta tuntutan isu aktual.

“Mudah-mudahan ini akan menjadi harapan sebagaimana harapan dari kabinet Indonesia Maju dari Presiden bagaimana membangun negara dari pinggiran Indonesia. Artinya, pembangunan ada pada tataran pedesaan dan kelurahan yang merupakan ujung tanduk pemerintahan terendah di kabupaten/kota,” katanya.

Ia juga berharap kepada seluruh perangkat desa se-Kecamatan Tukak Sadai agar dapat mengikuti jejak Desa Sadai yang mampu memberikan contoh berjalannya suatu investasi demi menunjang pembangunan daerah. Ia juga bersyukur kerja sama ini akan memberikan hasil positif, dan memberikan multi efek yang luar biasa kepada masyarakat.

BACA JUGA :  Sekda Ajak Persikindo Jadi Motivator Majukan UMKM

“Ini membuktikan juga bahwa kemampuan SDM kita nyata sama adanya. Kita sambut baik, dan kita tularkan ke desa-desa lainnya. Semoga ini menjadi awal yang baik, jangan sampai kita didahului daerah lain, karena kita punya sumber daya manusia dan alam yang sama. Saya yakin tergantung bagaimana memaksimalkan dan kolaborasi bersama seluruh pihak,” kata wagub.

Sementara itu, Direktur Utama PT SEI Bambang Iswanto, menyebutkan jika perusahaan yang telah bergerak di bidang sumber energi terbarukan dan konservasi energi terpercaya sejak 2007 silam, terus mengembangkan sayapnya dalam memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Pembangunan _ice maker and cold storage_ ini sekaligus merupakan percontohan bersama, bagaimana kami tidak hanya mengembangkan _ice maker and cold storage_. Tidak menutup kemungkinan akan didirikan di daerah lainnya. Semoga berjalan dengan sebaik-baiknya, dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Desa Sadai dan sekitar, serta Bangka Belitung umumnya,” katanya.

BACA JUGA :  Nekat, Belasan Ponton TI Ilegal Beroperasi di Sungai Batu Rusa¬†

Pada kegiatan _ground breaking pembangunan ice maker and cold storage_ tersebut, dihadiri perwakilan Bupati Basel beserta Forkopimda Basel, Staff Khusus Gubernur, para pejabat di lingkungan Pemprov Babel, serta seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Tukak Sadai.(ikp)