Tetap Hitam dan Berkilau, ini Cara Merawat Rambut Secara Alami

by -

Cara Merawat Rambut agar Tetap Hitam dan Mengkilap

Banyak dari kaum hawa merasa perawatan rambut sangatlah mahal. Mulai dari pembelian shampo, tonik rambut, masker rambut, dan lain-lain. Namun, selain menggunakan bahan-bahan yang sudah Anda kenal itu, Anda juga bisa tetap melakukan perawatan rambut dengan secara alami.

Kira-kira apa saja cara merawat rambut secara alami. Cara lengkapnya bisa langsung Anda simak di bawah ini.

1. Gunakan Minyak Alami

Cara merawat rambut secara alami yang pertama adalah dengan mengoleskan minyak ke kulit kepala dan rambut. Usahakan untuk menggunakan minyak dengan bahan alami seperti minyak kelapa, minyak kemiri, minyak zaitun, minyak almond, dan lain-lain. Anda juga bisa mencampurkan bahan-bahan minyak dengan minyak esensial seperti tea tree oil atau peppermint oil.

Tujuan dari penggunaan minyak ini untuk melembutkan serta melembabkan rambut kering dikarenakan kerusakan dan merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat. Cara ini bisa Anda lakukan dengan memijat kepala selama 30 – 60 menit sebelum keramas.

2. Batasi Alat Penata Rambut         

Cara kedua dalam perawatan rambut ini adalah dengan mengurangi penggunaan alat penata rambut berlistrik. Contohnya seperti hair dryer, pelurus, serta pengeriting rambut. Karena alat-alat tersebut dapat memperparah kerusakan rambut jika digunakan terlalu sering dan pada suhu yang terlalu tinggi.

Rambut yang selalu terpapar suhu panas dari alat-alat tersebut biasanya akan kehilangan kandungan minyak serta kelembaban alami rambut. Sehingga rambut Anda akan menjadi lebih rapuh, bercabang, dan mudah rontok.
Apabila Anda masih ingin menggunakan peralatan untuk perawatan rambut tersebut, pastikan bahwa suhu yang di-setting tidak terlalu panas dan usahakan agar alat tersebut tidak terlalu lama menempel di rambut.

3. Gunakan Masker Rambut Alami Secara Rutin

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan efektif adalah dengan menggunakan masker rambut alami. Seperti masker rambut yang terbuat dari telur, lidah buaya, alpukat, yogurt, pisang, madu dan lain-lain
Cara membuatnya cukup mudah. Anda hanya perlu menghaluskan bahan-bahan alami yang telah dipilih. Lalu campurkan dengan minyak kelapa. Kemudian, oleskan ke rambut sekitar 30 – 60 menit sebelum memulai keramas.
Penggunaan masker rambut secara rutin dapat membawa banyak manfaat. Contohnya seperti mengurangi kerusakan rambut, rambut menjadi lebih kuat, dan menyehatkan kulit kepala.

4. Hindari Sinar Matahari Langsung

Usahakan untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Karena seperti kulit, rambut yang sering terkena sinar matahari langsung akan membuatnya menjadi cepat rusak, kusam, dan mudah rontok. Sehingga penting sekali ketika beraktivitas di luar ruangan untuk menggunakan topi atau payung agar rambut tetap terlindungi.

5. Guntinglah Rambut Secara Teratur