Tingkatkan Transparansi dan Keterbukaan Informasi Pilkada 2024, KPU Basel Gelar Sesi Diskusi Bersama Wartawan

by -

FKB.COM, BANGKA SELATAN-Dalam upaya meningkatkan transparansi dan keterbukaan informasi pada Pilkada 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Selatan menggelar sesi diskusi dengan para wartawan di Green Lesehan, Toboali, Bangka Selatan pada Minggu Malam,(23/6/2024).

Ketua KPU Bangka Selatan Muhidin, membuka sesi diskusi dengan menyatakan komitmen KPU untuk memastikan proses Pilkada yang transparan dan akuntabel.

“Kami memahami pentingnya peran media dalam menginformasikan setiap tahapan Pilkada kepada masyarakat. Oleh karena itu, KPU berupaya maksimal untuk memberikan akses yang seluas-luasnya bagi para jurnalis,” ujar Muhidin.

KPU Bangka Selatan telah menyiapkan berbagai mekanisme untuk menjamin transparansi selama Pilkada. “Kami menyediakan pusat informasi di kantor KPU serta memanfaatkan platform digital untuk memberikan update secara real-time.

“Semua data yang diperlukan oleh media akan tersedia di situs resmi KPU dan aplikasi pemantauan Pilkada,” jelas Muhidin.

Dalam hal akurasi informasi, KPU Bangka Selatan mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa semua berita yang disampaikan kepada publik adalah benar dan akurat.

“Kami memiliki tim khusus yang bertugas untuk memverifikasi setiap informasi sebelum disebarkan kepada media. Informasi resmi hanya akan dikeluarkan melalui konfrensi pers KPU Bangka Selatan atau melalui rilis resmi di situs web kami,” sambungnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Bangka Selatan Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Rahmad Nadi juga menjelaskan:

“Pantarlih akan mendatangi rumah-rumah warga untuk memastikan data pemilih akurat dan terbaru. Proses ini dilakukan dengan koordinasi bersama RT, RW, dan pemerintah desa setempat. Rahmad meminta bantuan dari semua pihak, termasuk TNI dan Kepolisian, untuk kelancaran proses ini,”kata Rahmad.

“Bagi pemilih yang belum terdata, masih bisa datang ke TPS dengan membawa KTP. Rahmad berharap semua pemilih terdata pada saat penetapan DPT nanti,”pungkasnya.

Acara diakhiri dengan sesi diskusi dan hiburan. KPU Bangka Selatan berharap kerjasama dari semua pihak untuk suksesnya pilkada serentak 2024.

Sesi diskusi ini ditutup dengan sesi tanya jawab, di mana para wartawan menyampaikan berbagai pertanyaan terkait peliputan Pilkada termasuk akuntabel anggaran kegiatan.

Diskusi yang berlangsung interaktif ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara KPU dan media, serta memastikan tersampaikannya informasi yang akurat dan transparan kepada masyarakat.

Dengan adanya media gathering ini, KPU Bangka Selatan menunjukkan komitmennya dalam menjalin kerja sama yang baik dengan media dan memastikan terselenggaranya Pilkada yang transparan dan informatif.

Acara ini dihadiri seluruh media lokal dan Dukcapil, Perwakilan Kejari Bangka Selatan,Polres Bangka Selatan,BIN Bangka Selatan serta sejumlah pejabat Komisioner KPU Bangka Selatan.(Mus)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.