Akhirnya PT Timah akan Siapkan Koperasi Tambang Rakyat

by -

FKB.COM, PANGKALPINANG – PT Timah saat ini diketahui sedang menyiapkan koperasi tambang rakyat bagi masyarakat penambang. PT Timah juga, menyiapkan IUP nya untuk dilakukan penambangan.

“Jadi kita siapkan koperasi-koperasi untuk menaungi masyarakat guna melakukan penambangan di IUP PT Timah ,” ungkap Dirut PT Timah Tbk Ahmad Dani Virsal saat menghadiri acara Diskusi Publik bertajuk Mau Dibawa Kemanakah Provinsi Bangka Belitung”, Sabtu (1/3/2024).

Dijelaskannya bahwa hadirnya koperasi tambang rakyat sebagai salah satu solusi masyarakat penambangan yang terkait dengan tambang.

“Kita mencoba menghadirkan solusi bagi masyarakat-masyarakat tambang yang berkaitan dengan tambang,” jelasnya.

“Mudahan-mudahan ini salah satu yang dapat kita berikan kepada masyarakat Bangka Belitung, bagaimana menambang dengan aman dan tertib di dalam IUP PT Timah,” terangnya.

Dilansir berita sebelumnya, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Asep Maryono menyampaikan bahwa konsep Koperasi Primer Tambang Rakyat yang diinisiasi Kejaksaan hanya beranggotakan masyarakat penambang. Demikian disampaikan Asep Maryono saat ngopi bareng dengan tokoh masyarakat Bangka Belitung, Kamis (29/1/2024).

“Koperasi Primer Tambang Rakyat tidak hanya produk Kejaksaan namun produk bersama. Dimana Koperasi Primer Tambang Rakyat ini dibentuk hanya untuk masyarakat penambangan saja”, katanya.

“Masyarakat penambangan yang tergabung dalam Koperasi Primer ini nantinya berhak menambang di IUP PT Timah dengan hasil timah dijual ke PT Timah,” ucapnya. (Oby)