Kapal Roro Resmi Layani Penumpang Sadai-Lepar, Bupati Riza Harap Perekonomian Masyarakat Pulau Lepar Meningkat

by -

FKB.COM, BANGKA SELATAN – Bertempat di Pelabuhan Sadai, Bupati Bangka Selatan, H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP bersama Anggota DPR RI Rudianto Tjen, dan General Manajer (GM) PT. ASDP Cabang Bangka Soegihartono, resmikan Pelayaran Lintasan Keperintisan rute Sadai–Tanjung Gading, Lepar, Sabtu (6/1/24).

Turut hadir Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi, S.E, Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Selatan Ny. Elizia Riza Herdavid, S.E, Forkopimda Kabupaten Bangka Selatan, kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dan para tamu undangan.

Dalam kesempatan yang baik tersebut, Bupati Riza Herdavid menyampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa rute Sadai ke Tanjung Gading, Lepar dan sebaliknya sudah dapat dilalui menggunakan Kapal Roro.

Saya bersama Anggota DPR RI, Bapak Rudianto Tjen, General Manajer ASDP Cabang Bangka, Wakil Bupati Bangka Selatan, Kadis Perhubungan Prov. Bangka Belitung dan Forkopimda Basel meresmikan Pelayaran Perdana Lintasan Keperintisan Sadai – Tanjung Gading. Kita sampaikan kepada seluruh masyarakat baik di Kabupaten Bangka Selatan maupun dari luar Bangka Selatan bahwa rute Sadai ke Tanjung Gading, Lepar dan sebaliknya sudah dapat dilalui menggunakan Kapal Roro,” imbuhnya.

Kemudian, Bupati Riza Herdavid berharap dengan diresmikannya akses pelayaran rute Sadai–Tanjung Gading, Lepar dengan moda kapal roro ini perputaran ekonomi pulau lepar pasca beroperasinya kapal rintisan ini semakin meningkat.

“Untuk pelayaran perintisan ini selanjutnya akan dioperasikan oleh pihak ASDP Bangka. Dengan terbukanya akses pulau lepar dengan moda kapal roro ini, tidak hanya mobilitas penumpang, barang, produk pertanian, tetapi juga kendaraan akan lebih lancar. Selanjutnya kita berharap perputaran ekonomi pulau lepar pasca beroperasinya kapal rintisan ini semakin meningkat,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Selatan M. Zamroni S.STP menyampaikan waktu operasional, jenis muatan dan tarif jasa penyelenggaraan angkutan penyebrangan Kapal Roro pada rute tersebut.

“Untuk operasional Kapal Roro ini akan dimulai pada minggu ini dengan frekuensi pelayaran satu kali dalam seminggu. Waktu tempuh pelayaran rute ini kurang lebih selama 45 menit. Tarif penumpang per kali jalan adalah Rp. 15.000 untuk orang dewasa dan Rp 3.200 untuk bayi,” ujarnya.

“Sementara itu untuk kendaraan, tarif nya sebesar Rp 32.800 untuk golongan I, Rp 56.800 untuk golongan II dan Rp 124.800 untuk golongan III. Untuk kendaraan golongan IV sampai dengan golongan VI sebesar mulai dari Rp. 234.000 sampai dengan Rp. 576.600. Untuk minggu ini jadwal pelayaran Roro yaitu Minggu, 7 Januari 2024. Rute dari Sadai akan berangkat pukul 10.00 WIB dan Rute dari Tanjung Gading berangkat pukul 13.00 WIB,” tambah Zamroni.

Terakhir, Zamroni menyampaikan untuk info lebih lanjut jadwal dan tarif keberangkatan pelayaran kapal roro rute ini dapat menghubungi pihak petugas ASDP di Pelabuhan Sadai, Achmad Sholeh (0812 3102 2366) dan Reksi (0813 7954 7997).(red)