Pemkab Basel Gelar Sosialisasi Penerimaan CASN Tahun 2024

by -

FKB. COM, BANGKA SELATAN – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD), menggelar sosialisasi penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024. Acara ini diadakan di GOR Junjung Besaoh, kompleks perkantoran Terpadu Pemerintahan Bangka Selatan, pada Rabu (3/7/2024).

Kepala BKPSDMD Bangka Selatan, Suprayitno, menjelaskan bahwa sosialisasi ini dibagi dalam dua sesi, pagi dan sore, untuk menyesuaikan dengan kapasitas GOR yang hanya dapat menampung sekitar 2.000 peserta. “Sosialisasi ini adalah persiapan penerimaan rekrutmen CASN tahun 2024 sesuai kuota yang disetujui Kementerian PANRB,” ujar Suprayitno.

Berkat usaha Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan, kuota penerimaan meningkat dari 505 menjadi 1.970 posisi untuk rekrutmen tahun 2024, menjadikan Bangka Selatan terbanyak pada era Riza-Debby.,”kata Suprayitno.

Data honorer yang masuk ke BKD Bangka Selatan mencapai 2.868, dengan sekitar 400 tenaga honorer masih tersisa yang baru bergabung pada 2023. Kriteria penerimaan CASN 2024 masih mengacu pada juknis tahun 2023, dengan beberapa persyaratan khusus seperti penggunaan data Dapodik untuk tenaga pendidik dan minimal tiga tahun masa kerja untuk tenaga honorer. Saat ini, BKPSDMD masih menunggu instruksi dan regulasi terbaru dari pusat.

Proses seleksi telah mencapai tahap verifikasi dan validasi data yang sudah 100% selesai untuk Bangka Selatan, tinggal menunggu keputusan dari BKN Pusat dan Kementerian PANRB. Suprayitno menegaskan bahwa semua tahapan, dari administrasi hingga pengumuman hasil, menggunakan sistem komputerisasi online yang dapat diakses oleh publik.

Selain itu, Suprayitno menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam proses rekrutmen ini. “Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa seluruh proses seleksi berjalan adil dan terbuka, sehingga setiap peserta memiliki kesempatan yang sama,” tambahnya.

“Pesan dari Bupati dan Wakil Bupati, rekrutmen dengan kouta 1.970 digunakan sebaik-baiknya. CASN tahun 2024 ini adalah kesempatan bagi putra-putri terbaik Bangka Selatan untuk berpartisipasi membangun daerah dan tidak menjadi penonton di negeri sendiri,” tutup Suprayitno.

Dengan kuota yang meningkat dan proses yang lebih transparan, diharapkan rekrutmen CASN 2024 ini dapat menjaring SDM yang kompeten dan berdedikasi untuk kemajuan Bangka Selatan,”Pesan Bupati Bangka Selatan. (mus)