Kondisi Jalan Menuju Geosite Tanjung Rusa Memprihatinkan, Padahal Kunjungan Wisatawan Kian Melonjak

oleh
Kondisi jalan menuju Geosite Desa Tanjung Rusa yang dirasakan kian sempit dengan lonjakan kunjungan wisatawan.

FORUMKeadilanbabel.com, Membalong -Kepala Desa Tanjung Rusa, Agus Hero Planeto meminta perhatian pemerintah daerah agar memperbaiki infrastruktur jalan Kabupaten untuk menuju Geosite Tanjung Rusa.  Menurut Agus, sejak dibangun tahun 1987 sampai dengan sekarang tidak pernah ada pemeliharaan dan perbaikan.

Jalan kabupaten sepanjang 4 km dengan lebar 3,5 meter menjadi akses menuju geosite pesisir Tanjung Rusa antara lain Pantai Merida, Mutiara Pesisir, Tanjung Kerdindang, The Mashur dan pantai Tanjung rusa. Kondisi jalan begitu memprihatinkan, berem jalan di beberapa tempat semakin dalam, aspal sudah terkelupas dan berlobang.
” Kondisi jalan sangat memprihatinkan bulan kemaren (Februari, red) sering terjadi kecelakaan,” ujar Agus Hero Planeto, Sabtu (26/3/22).

BACA JUGA :  Bertemu Istri-Istri Kepala Daerah, Monica Haprinda Kompak Bahas UMKM Hingga Penanganan Stunting

Padahal kata Agus, setiap hari Sabtu dan Minggu kunjungan wisatawan lokal terjadi lonjakan kendaraan baik bis maupun mobil pribadi sehingga jalan terasa sempit ditambah dengan kondisi berem rusak dan dalam. Kondisi ini pernah diperbaiki secara swadaya.
” Kami bersama masyarakat beberapa waktu lalu memperbaiki bahu jalan yang rusak dan menimbun berem kiri-kanan jalan dari KM 3 sampai dengan KM 2,5 antisipasi terhadap kecelakaan yang sering terjadi apalagi setiap Sabtu dan Minggu lonjakan wisatawan yang berkunjung dengan bis dan mobil pribadi ke tempat wisata kami,” ujar Agus Hero Planeto.

Tanjung Rusa merupakan desa terujung dan terpencil yang ada di kecamatan membalong kabupaten Belitung sering luput dan terlupakan terhadap semua aspek pembangunan terutama infrastruktur penunjang pariwisata desa Tanjung Rusa. Terkadang keinginan mereka sederhana sekali.
” Keinginan kami sangat sederhana, minta perhatian pemerintah daerah terhadap pariwisata kami dengan infrastruktur jalan sejak tahun 1987 tidak pernah ada perawatan dan perbaikan. Kami hanya minta bahu jalan aja yang di perbaikan atau kalau tidak bisa 4 KM sekaligus 1/2 KM saja cukup, kalau ada 4, 1 saja cukup la buat Tanjung Rusa,” kata Agus Hero Planeto S.Sos.

BACA JUGA :  Disperindag Babel Bersama Kesbangpol Babel Bangkitkan Semangat Hari Kebangkitan Nasional Ke-114

Setiap kunjungan Anggota dewan (DPRD) memberikan janji insfratruktur jalan desa Tanjung Rusa akan di perbaiki namun sampai dengan sekarang masih sama.
” Setiap Anggota dewan berkunjung ke desa kami selalu memberikan janji bahwa jalan desa kami akan di perbaiki pada tahun ini, kenyataan sampai sekarang tidak pernah terealisasi,” pungkas Agus Hero.

Penulis: Zaid.