Refleksi Satu Tahun Bangka Setara

Advetorial

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – 27 Speteber 2018 lalu merupakan awal perjalanan Bangka Setara. Dibawah kepemimimpinan Mulkan dan Syahbudin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bangka terpilih periode 2019-2023 menjalankan amanat untuk menjamin berputarnya roda kepemerintahan.

Bangka setara sendiri merupakan reflektor untuk memajukan Kabupaten Bangka dengan daerah maju lainnya. Tidak ada alasan bagi Kabupaten Bangka untuk berada di belakang daerah lainnya dalam hal kemajuan daerah.

Untuk mewujudkan impinan bangka setara tersebut harus diiringi dengan usaha dan kerjasama yang besar. Dengan mengejar segala prestasi dalam memajukan daerah dan kesejahteraan masyarakat diharapkan mampu menjadi indikator kesuksesan dalam mewujudkan Bangka Setara.

Saat ini telah genap satu tahun berjalannya kabupaten Bangka dengan visi Bangka Setara. Prestasi dan pencapaian yang mungkin dapat menjadi indikator kesuksesan telah banyak diraih dalam jangka waktu satu tahun kebelakang. Prestasi baik dibidang pembangunan infrastruktur maupun sumber daya manusia menjadi prioritas pembangunan daerah.

“Tercatata telah ada 35 prestasi dan penghargaan yang diraih Kabupaten Bangka baik itu skala nasional maupun regional. Seluruh penghargaan ini menunjukan bahwa kita sudah melakukan pembangunan dengan arah yang tepat dan hasil yang baik,” ujar Bupati Bangka, Mulkan.

Ditambahkan juga oleh Wakil Bupati Bangka, Syahbudi diperolehnya seluruh prestasi dan penghargaan tak serta merta hasil kerja pemerintah semata. Melainnkan hasil dari peran serta seluruh stakeholder hingga masyarakat yang saling mendukung.

“Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik kedepannya, kami akan terus perkuat organisasi pemerintah daerah. Dan kita perlu memelihara dan mengembangkan budaya organisasi yang baik seperti integritas, kerja keras, dan inovatif,” ujarnya.

Berbagai prestasi yang telah diperoleh Kabupaten Bangka yaitu Prestasi tata kelola pemerintahan yang baik telah diraih Kabupaten Bangka dalam hal penyusunan laporan keuangan dengan predikat wajar tanpa pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indoenesia. Selain itu juga predikat unit pelayanan publik yang baik di pemerintahan dan rumah sakit untuk tahun 2018.

Masih banyak prestasi yang diperoleh lainnya, mulai dari serapan dana desa terbaik seprovinsi Bangka Belitung, perolehan kabupaten layak anak, inovasi ransel si dora dan ojek lansia, penganugerahan RoadsaftyAward, hingga yang terbaru penghargaan keterbukaan publik terbaik dan lain sebagainya.

Selain penghargaan dalam bentuk capaian, pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana terus dibangun. Telah banyak pembangunan sarana dan prasarana yang terbangun dalam jangka waktu satu tahun belakang. Pembanguan tersebut sebagian dimulai dari awal hingga pemaksimalan pemanfatan sarana yang telah tersedia.

Bangka kini memiliki Hutan Kota yang indah nan asri, pembanguann GOR yang ditargetkan akhir tahun selesai, pemanfataan Gedung Juang sebagai pusat sanggar seni, hingga pembangunan jalan penghubung baik antar jalan Nasional, Provinsi ataupun Kabupaten.

Bahkan berdasarkan catatan dari BAPPEDA Kabupaten Bangka, capaian makro pembangunan satu tahun ini di Kabupaten Bangka sangat baik. Bahkan Kabupaten Bangka mendapatkan penghargaan top 10 pembangunan daerah terbaik seluruh Indonesia daei BAPPENAS.

“Inflasi kita 0,51% jauh lebih baik dari nasional 3,3%. Tingkat pengganguran hanya 4,12% dibandingkan nasional 5,34%. Kemiskinan 5,47 dibandingkan nasional 9,81%. Indeks pembangunan manusia 71,80 lebih besar dibanding nasional 70,81%. Dan ketimpangan pendapatan masyarakat hanya di angka 0,278 dibandingkan nasional 0,384,” ungkap Kepala BAPPEDA, Pan Budi Marwoto.

Meskipun telah segudang prestasi telah dicapai dalam kepemimpinan Mulkan dan Syahbudin, bukan berarti sudah merasa cukup dan berpuas diri. Karena masih banyak target-target kedepannya untuk mewujudkan Bangka Setara yang sesungguhnya.

“Mari kita bersama singsingkan lengan baju untuk bekerjasama membangun Kabupaten Bangka menjadi Bangka Setara” pungkas Bupati Bangka.

Mewujudkan tata kelola pemeeintahan yang bersih dan berbasis teknologi informasi :

  1. Penyusunan laporan keuangan dengan predikat WTP dari BPK tahun 2018.
  2. Top 10 perencanaan pembangunan daerah seindonesia.
  3. Kabupaten peduli HAM tahun 2018
  4. Akuntabilitas kinerja predikat B tahun 2018
  5. Unit pelayanan publik kategori sangat baik untuk dukcapil
  6. Unit pelayanan publik.kategori sangat baik untuk RS Depati Bahrin
  7. Kabupaten dengan serapan keuangan dana desa tertinggi se provinsi.
  8. Asosiasi pemdes dalam komitmen penguatan tata kelola pemerintahan desa.
  9. Komitmen peningkatan kapabilitas APIP.
  10. Kabupaten terbaik perencanaan pembangunan daerah
  11. Kabupaten terbaik serapan anggaran dari direktorat jendral pembendaharaankementrian keuangan.
  12. Komitmen penguatan tata kelola pemerintahan melalui penerapan sistem informasi daerah.
  13. Komitmen dalam penyelenggaraan pengendalian intern pemerintahan.
  14. Penyelenggaraan pemerintah daerah terbaik dari gubernur
  15. Desa terbaik dalam lomba tingkat provinsi.

16.Pemkab terbaik dalam Keterbukaan Informasi Publik

 

Mewujudkan SDM yang berkualitas dan berintegritaa :

  1. Kabupaten layak anak
  2. Parahita eka praya
  3. Kencana pembangunan kependudukan
  4. Top 45 inovasi ransel si dora
  5. Top 99 inovasi raselsidora
  6. Top 99 inovasi ojek lansia
  7. Swasti saba wistara
  8. Pemenang sekolah sehat tingkat TK seprovinsi
  9. Pemenang sekolah sehat tingkat SLTA seprovinsi

 

Pembangunan infrastruktur

  1. Indonesia RoadSaftyAward (IRSA) tata kelola keselamatan jalan
  2. IRSA kategori jalan berkeselamatan
  3. IRSA kategori pengguna jalan berkeselamatan
  4. IRSA kategori penanganan pra dan pasca kecelakaan
  5. IRSA kategori kendaraan berkeselamatan

 

Perekonomian daerah

  1. Adipura
  2. Kabupaten terbaik teknologi tepat guna seindonesia
  3. Pasar tertib untuk pasar kenanga
  4. Pasar tertib untuk pasar belinyu
  5. Siddhakarya dengan produktivitas tenaga kerja

(ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.