Peringati Hari Santri Nasional, Pondok Arroyan Didaulat Jadi Pemimpin Upacara dan Pengibar Bendera

by -

PANGKALPINANG – Upacara Peringatan Hari Santri Nasional di Kota Pangkalpinang yang digelar di Lapangan Madrasah Aliyah Negeri 1 Pangkalpinang, Selasa 22 Oktober 2024 berlangsung meriah, dengan diikuti oleh seluruh santri yang ada di wilayah Kota Pangkalpinang, jajaran OPD dan Unsur FORKOMPIDA Kota Pangkalpinang beserta para undangan lainnya. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesra, Akhmad Subekti, sementara Pondok Pesantren Arroyyan Pangkalpinang pada kegiatan Upacara Hari Santri kali ini di daulat menjadi pemimpin Upacara dan Pengibar Bendera.

Usai pelaksanaan upacara, Ismail,Sh,Mh selaku Ketua Yayasan Pondok Pesantren Arroyyan Qiyaumul lail menjelaskan momentum Hari Santri tahun 2024 ini diharapkan dapat meningkatkan Kekuatan iman, ilmu dan amal oleh santri yang merupakan representasi penting dalam menciptakan peradaban bangsa. Sebagai tonggak estafet peradaban bangsa, tentunya santri memiliki tanggung jawab moral yang berat.

“Santri harus siap dan cekatan dalam menjawab tantangan zaman. Santri harus melek literasi sebab literasi merupakan senjata intelektual santri. Eksistensi santri di Ibu Pertiwi memiliki peran yang sangat vital dalam menciptakan perubahan zaman, ” ujarnya.

“Di tengah tantangan global dewasa ini santri hadir sebagai implementasi terhadap umat dan bangsa sebagaimana ajaran Islam yang rahmatan lill ‘alamin, Peran santri dalam menjawab tantangan zaman di tengah pergolakan zaman sangat dibutuhkan kecakapan, iman, ilmu dan amal dari santri.
Hal ini dilakukan sebagaimana mewujudkan esensi dan eksistensi santri sebagai insan pelopor yang bernafaskan Islam. Untuk itulah santri dituntut mampu beradaptasi dengan pola perkembangan yang semakin pesat. Pesantren adalah tempat yang penuh ilmu karena di sini kita bisa belajar dan beribadah bersama-sama demi meraih surganya Allah SWT.” ujar ismail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *