Panen Raya Padi dan Cabai, Pj Gubernur Sugito Apresiasi Petani Desa Rias

by -

RIAS – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) memberikan apresiasi pada semua pihak yang telah mendukung dan ikut serta memajukan pertanian di wilayah Bangka Belitung, termasuk para petani di Desa Rias yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Di hadapan para petani, Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel Sugito mengatakan bahwa padi dari Desa Rias tidak hanya mencukupi persediaan di Kabupaten Bangka Selatan, tapi juga untuk seluruh Kep. Babel. Hal ini disampaikan saat menghadiri Panen Raya Kegiatan UPSUS Optimasi Lahan Rawa Tahun 2024 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertempat di Kawasan Persawahan SPB Desa Rias Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (15/10/2024).

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya kita dalam mewujudkan ketahanan pangan dari kebutuhan makanan pokok, salah satunya padi,” ujarnya

Desa Rias sebagai desa terbesar di Kabupaten Bangka Selatan merupakan pemasok beras terbesar saat ini di Kep. Babel. Dengan bantuan dari Kementerian Pertanian, Sugito berharap panen di Desa Rias bukan hanya sekali atau dua kali tetapi dapat di lakukan berkali-kali.

“Kita bersama Badan Standarisasi Kementan terus mengupayakan, tidak hanya bagaimana saat panen tetapi juga proses pasca panennya akan seperti apa. Termasuk ingin mengajak para generasi milenial, karena jika potensi SDAnya sudah bagus maka harus diimbangi dengan SDM yang teredukasi,” jelasnya.

Lebih lanjut Sugito mengatakan bahwa sektor pertanian itu sangat menjanjikan untuk perekonomian kita. Apalagi Kep. Babel saat ini butuh transformasi ekonomi, tidak hanya bersumber dari pertambangan tapi juga dapat bersumber dari pertanian dalam artian luas.

Pada kesempatan ini, Sugito juga menyempatkan diri berdialog dengan para petani, mendengarkan aspirasi mereka tentang bagaimana untuk lebih memajukan produktivitas beras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *