Simulasi Vehicle Accident Rescue Warnai Upacara HUT BASARNAS Ke 52 di Kantor Gubernur Babel

by -

FKB.COM, PANGKALPINANG – Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang menyelenggarakan upacara peringatan HUT Basarnas ke 52 yang berlangsung di halaman utama kantor Gubernur Prov. Kep. Bangka Belitung, Rabu (28/2/24).

Peringatan upacara HUT Basarnas ke 52 itu, juga turut dihadiri Forkopimda Provinsi Kep. Babel dan instansi vertikal serta instansi pemerintah di seluruh wilayah Kep. Bangka Belitung.

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA bertindak sebagai inspektur upacara dalam kegiatan tersebut menyampaikan Basarnas saat ini genap berusia 52 tahun. Dimana dalam perjalanannya, Basarnas telah mengalami berbagai peristiwa suka dan duka dan hal itu menjadi dasar untuk memperkokoh fondasi dalam mengampu tugas dan tanggung jawabnya.

Lebih lanjut dikatakannya, tema yang diangkat Basarnas pada peringatan ulang tahun ke-52 tahun 2024 yakni “_Quick Action_, Satu Jiwa Satu Rasa”. Tema tersebut merepresentasikan kecepatan Basarnas dalam memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat.

“Maka Basarnas harus dapat bekerja secara profesional dengan berbasis kompetensi cepat, tepat, dan terukur. Ingat, pekerjaan SAR memiliki risiko tinggi, karena itu, _safety first_ dan _zero accident_ menjadi hal krusial yang mutlak diterapkan dalam tugas,” ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya menjelaskan terdapat lima poin yang harus dipedomani Basarnas dalam berkerja, diantaranya agar meningkatkan iman dan taqwa, selalu memegang teguh Panca Prasetya Korpri dan Janji Rescuer dalam pelaksanaan tugas.

Kemudian agar senantiasa dalam mewujudkan profesionalisme sebagai ASN berakhlak, serta mewujudkan sinergitas dan menjaga kekompakan, dan semakin terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas.

“Saya berharap, dengan kecepatan, kapabilitas, dan SOP di segala aspek, Basarnas kedepan dapat lebih baik dan lebih baik lagi. Selamat ulang tahun ke-52 Basarnas, _quick action_ satu jiwa satu rasa, avignam jagat samagram, selamatlah alam semesta,” pungkasnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri unsur Forkopimda Babel, instansi vertikal dan tamu undangan lainnya itu, pada akhir kegiatan, ditutup dengan simulasi kecelakaan penanganan khusus vehicle accident rescue yang melibatkan personil gabungan dari berbagai unsur di antaranya, Polda Kep. Babel, Korem 045/Gaya, Polairud Polda Babel, Brimob Polda Babel, Yonif 147/KGJ, BPBD Prov. Kep. Babel, Sakasar Pangkalpinang, PSC 119 Prov. Kep. Babel, RSUD Depati Hamzah serta mendapatkan dukungan dari Dinas Kominfo Prov. Kep. Bangka Belitung terkait jaringan internet.

Pada simulasi kecelakaan Vehicle Accident Rescue tersebut, Kansar Pangkalpinang juga turut didukung alut Helikopter P-1140 milik Polda Babel yang turut andil dalam proses simulasi dalam rangkaian acara pada upacara hut basarnas ke 52 di Halaman Kantor Gubernur Prov. Kep. Bangka Belitung.

Sementara Kakansar Pangkalpinang menuturkan bahwa pihaknya berterima kasih atas dukungan dan support dari semua unsur yang ikut terlibat baik secara langsung maupun tidak dalam mensukseskan pelaksanaan kegiatan Upacara memperingati HUT Basarnas ke 52 ini dan sekaligus juga ada simulasi kecelakaan penanganan khusus Vehicle Accident Rescue yang turut memeriahkan rangkaian hut basarnas ke 52 ini.

“Tentunya dukungan pak Kapolda Kep. Babel dalam membantu alut Helikopter milik mereka yang siap mensukseskan kegiatan simulasi VAR ini.” tutur Oka.(red).

No More Posts Available.

No more pages to load.