Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Basel Keluarkan Aturan Terkait Pelaksanaan KBM Selama Bulan Suci Ramadhan

oleh
Elfan Rulyadi

FORUMKeadilanbabel.com, TOBOALI -Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan Elfan Rulyadi melalui pemberitahuan resmi nomor 422.3/280/DINDIKBUD/I/2023 menyampaikan beberapa aturan tentang “Kegiatan Belajar Mengajar Selama Bulan Suci Ramadhan Tahun 1444 Hijriyah / 2023 Masehi.

Ada beberapa hal diatur mulai dari libur awal puasa, alokasi waktu pembelajaran untuk setiap jam mata pelajaran (mapel), jam masuk hingga penyusunan program kegiatan di sekolah selama bulan Ramadhan.

Berikut beberapa aturan Kadisdikbud Kabupaten Bangka Selatan melalui surat pemberitahuan terkait pembelajaran selama Bulan Suci Ramadhan antara lain sebagai berikut,

1. Libur awal puasa
libur awal puasa bulan Ramadhan 1444 Hijriah pada satuan pendidikan yang semula jatuh pada tanggal 21 dan 23 Maret 2023, diubah menjadi tanggal 21 sampai dengan 25 Maret 2023.

BACA JUGA :  Terungkap!! Ketua Komisi IV DPRD Juga Keluhkan Buruknya Pelayanan Kesehatan di RSUD Provinsi, LP5 Babel: Jika Terbukti ada Dugaan Malpraktek Bisa Dijerat Pidana

2. Libur Idul Fitri
Libur Hari Raya ldul Fitri 1444 Hijriyah yang semula jatuh pada tanggal 20 sampai dengan 29 April 2023 diubah menjadi 17 sampai dengan 29 April 2023.

3. Kegiatan belajar
Selama Bulan Suci Ramadhan, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) diatur sebagai berikut:
b. Alokasi waktu / jam tatap muka dikurangi 10 menit dari hari-hari biasanya.
c. Upacara bendera, senam dan kegiatan ekstrakurikuler ditiadakan dan diganti dengan kegiatan keagamaan.

4. Alokasi waktu belajar
Jam pertama pembelajaran (per hari) dilaksanakan paling lambat pukul 08.10 WIB.

5. Jam kerja pendidik
Untuk jam kerja Pendidik (guru dan kepala sekolah) serta Tenaga Kependidikan jam kerja diatur sebagai berikut,
Bagi sekolah menyelenggarakan KBM pagi mulai pukul 06.30-13.30 WIB, sedangkan untuk sekolah yang meryelenggarakan KBM petang di mulai pukul 09.00 -16.00 WIB

BACA JUGA :  Kota Pangkalpinang Semarakkan HKG PKK ke-52 dan Jambore Nasional Kader PKK di Solo, Sabet Penghargaan Adhi Bhakti Utama

6. Ketuntasan materi
Ketuntasan materi ajar yang telah ditetapkan pada kurikulum sekolah tetap menjadi perhatian dan tanggung jawab Kepala Sekolah.

7. Suasana sekolah
Sekolah diminta agar menciptakan suasana khidmat, sehingga dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam menjalankan ibadah puasa sebaik-baiknya.

8. Kegiatan fisik
Sekolah diminta meniadakan kegiatan fisik dapat memberatkan peserta didik yang sedang menjalankan ibadah puasa.

10. Program Ramadhan
Sekolah diimbau menyusun program kegiatan-kegiatan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seperti Tadarus, Sholat Berjamaah, Pesantren Kilat, dan lainnya.

11. Sekolah Swasta
Pengaturan jam kerja dan KBM selama Bulan Suci Ramadhan bagi sekolah swasta agar menyesuaikan dengan edaran ini.

BACA JUGA :  Di Tengah Gencar-gencarnya Kejagung Sikat Pelaku Korupsi Timah Babel, Bos Timah BJ Justru Masih Unjuk Gigi

(Rachmat)