Pj Gubernur Sugito Apresiasi Atlet PON XXI 2024 Kontingen Kep Babel

by -

PANGKALPINANG – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 berbuah manis, Kontingen Provinsi Kepulauan Bangka Belitung resmi berada peringkat 29 dengan memperoleh 3 emas, 2 perak, dan 6 perunggu. Jelas perolehan ini peningkatan dari yang sebelumnya, jika dibandingkan PON XX Papua tahun 2020 lalu, Provinsi Babel ada pada peringkat 31 dengan meraih satu medali emas, enam perak, dan enam perunggu.

“Pada Kesempatan Ini, atas nama Pemerintah dan masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kami mengucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh kontingen Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah berjuang dan mengharumkan nama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di PON XXI Tahun 2024,” ungkap Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Sugito.

Diketahui pula, perolehan ini menjadi yang terbaik sepanjang partisipasi Kontingen Kep. Babel di ajang PON. Untuk mengapresiasi atlet yang telah berjuang, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyiapkan bonus kepada para pemenang medali berupa uang pembinaan, yaitu medali emas 250 juta rupiah, medali perak 100 juta rupiah dan perunggu 75 juta rupiah.

Hal ini dikatakan pada acara Ramah Tamah Bersama Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dengan Atlet Dan Pelatih, Ofisial Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 bertempat di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur, Air Itam, Pangkalpinang, Rabu (3/10/2024).

Setelah mengirimkan 114 atlet dan 35 pendamping atlet dari 24 cabang olahraga yang lolos ke PON XXI Aceh-Sumut, Kep. Babel berhasil meraih tiga medali emas di PON 2024 yang diraih Erwinsyah di cabang Hapkido pada nomor daeryun kelas +84 kg putra, Atika Putriani di cabang olahraga pencak silat, dan Robi Syianturi di nomor 10.000 meter putra.