Sejak Dini Mengenal Timah dan Bangka Belitung di Museum Timah Indonesia Pangkalpinang

by -

“Happy, lihat banyak barang-barang ada kapal,” kata pelajar yang berusia lima tahun ini.

Sama halnya dengan diungkapkan salah satu pelajar dari SDITA At Tauhid, Siti Nizhomi mengatakan, dirinya mendapatkan pengetahuan baru dan melihat beragam koleksi.

“Banyak hal baru yang saya lihat, ada replika alat-alat penambangan timah, semakin tahu lah tentang sejarah timah dan bagiamana proses penambangan yang terjadi dilaksanakan di darat dan laut,” ceritanya.

Sama halnya dengan yang disampaikan Khaira Wilda Kirana yang mengaku sangat antusias dengan kunjungan ke museum Timah Indonesia.

“Saya sayang exicited sekali, karena banyak hal yang menarik. Kalau biasanya kami hanya bisa lihat di buku, tapi ini kami bisa lihat langsung tentang balok timah dan alat-alat lainnya. Jadi lebih mudah dicerna karena melihat langsung,” sebutnya.

Museum Timah Indonesia Pangkalpinang menyajikan berbagai koleksi dan infornmasi yang menarik sehingga bisa menjadi sarana edukasi yang mudah dicerna para pelajar.

Para pelajar yang datang bisa tur edukatif yang disesuaikan dengan tingkatan pendidikan para peserta. Mulai dari siswa TK, SD hingga SMA, para pelajar diajak berkeliling museum untuk memahami lebih dalam sejarah eksplorasi dan eksploitasi timah, dari masa kolonial hingga era modern.

Selain tur, museum ini juga dilengkapi dengan berbagai instalasi interaktif yang memudahkan pelajar untuk mempelajari proses penambangan dan pengolahan timah.

Penggunaan teknologi visual dan video melalui studio mini membuat informasi yang disajikan menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *