Tingkatkan Kesejahteraan, Erzaldi Dorong Masyarakat Budidaya Ikan Kerapu

by -

PANGKALPINANG – Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) periode 2017-2022 Erzaldi Rosman Djohan terus berupaya untuk menghadirkan program-program yang mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat luas. Dimana salah satu yang saat ini sedang di dorong untuk berkembang yaitu Budidaya Ikan Laut, khususnya budidaya ikan kerapu.

Dipilihnya budidaya ikan kerapu ini, lantaran menurut Erzaldi, ikan dimaksud mempunyai permintaan yang sangat tinggi di asia tenggara dan juga memiliki nilai yang cukup tinggi, sehingga diharapkan bisa menjadi usaha yang menguntungkan dan dapat meningkatkan perekonomian para pembudidaya.

“Budidaya ikan kerapu bisa dilakukan di keramba jaring apung (KJA), selain itu pertumbuhannya lebih cepat kalo tidak salah itu 5-8 bulan sudah panen, juga harus diingat bahwa ikan kerapu ini permintaannya sangat besar dari luar negeri seperti negara Hongkong dan negara lainnya, sementara stoknya terbatas dalam produktivitasnya dan harganya mahal, sehingga kita harapkan para masyarakat umumnya dapat merasakan manfaat positif dari program ini nanti,” kata Erzaldi, Rabu (11/09/2024).

Namun diakui Erzaldi, salah satu yang menjadi kendala dalam membudidaya ikan kerapu ini yaitu ketersediaan bibit, memang saat ini bibit ikan kerapu harus dikirigm melalui pulau diluar Babel seperti Bali dan Jawa.