BPS Bersama Diskominfo Lakukan Pembinaan Metadata Untuk Wujudkan Satu Data Bangka Selatan

by -

BANGKA SELATANN- Dinas Kominfo Bangka Selatan selaku Walidata Daerah memberikan apresiasi kepada BPS Basel atas Kolaborasi Pembinaan Metadata dan Rekomendasi Kegiatan Statistik Sektoral Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2024.

Hal itu dikatakan Plt. Kadis Kominfo Bangka Selatan, Yuri Siswanto, S.ST., MM kepada media di Toboali, Kamis (29/8/24).

“Kami sebagai walidata daerah menyampaikan apresiasi kepada BPS Basel atas Kolaborasi Pembinaan Metadata dan Rekomendasi Kegiatan Statistik Sektoral Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2024,” kata Yuri sapaannya.

Dia mengatakan bahwa sebagaimana diamanatkan Perpres 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI), setiap daerah harus mendorong penyelenggaraan kegiatan statistik masing-masing dalam kerangka manajemen satu data yang terintegrasi. Oleh karena itu dibutuhkan penyamaan persepsi dan pelaksanaan mekanisme terintegrasi dari seluruh stakeholder produsen data di daerah.

“Hal ini lah yang dilakukan saat ini yaitu semacam refresh pelaporan kegiatan statistik yang dilakukan oleh seluruh instansi di Lingkungan Pemkab Bangka Selatan kedalam satu sistem informasi yang terintegrasi. Tujuannya adalah untuk melihat secara komprehensif data-data statistik sektoral yang diproduksi oleh instansi di Lingkungan Pemkab Bangka Selatan, ” beber Yuri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *