Sebagian Besar Kontingen Porwanas XIV/2024 Boikot Opening Ceremony

by -

BANJARMASIN – Berbeda dengan pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Porwanas XIV/2024 Kalimantan Selatan memunculkan sejumlah problem. Salah satunya, nampak dari acara pembukaan Porwanas yang sepi dari peserta.

Opening ceremony Porwanas yang digelar di Stadion Paman Birin, Kota BanjarBaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (22/8/24) terkesan garing akibat minimnya jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Kondisi itu menjadi catatan buruk mengingat pelaksaan acara pembukaan pada Porwanas sebelumnya selalu ramai peserta.

Hingga pukul 11.00 banyak kursi kosong akibat banyaknya PWI Provinsi yang tidak mengirimkan atlet dan official ke lokasi pembukaan. Banyak ASN yang dikerahkan untuk mengisi kursi kosong. Bahkan Menpora Dito Ariotedjo dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka yang dijadwalkan hadir di acara pembukaan, sampai menjelang bubarnya acara juga nampak tidak hadir.

Sejumlah besar PWI provinsi nampak tidak mengirimkan perwakilan atlet dan ofisialnya ikut hadir ke stadion terbaru milik Pemprov Kalsel tersebut. Dari pantauan di lokasi, PWI Provinsi yang absen di pembukaan Porwanas diantaranya adalah PWI Riau, PWI Sumatra Barat, PWI Banten, PWI DKI Jakarta, PWI Jawa Tengah, PWI Jawa Timur, PWI Sulawesi Barat, PWI Maluku Utara, dan beberapa lainnya.

Sementara PWI Lampung, Jawa Barat, PWI Jambi dan lainnya hanya mengirim tidak lebih dari 7 orang dan itu pun nampaknya hanya untuk kepentingan administrasi internal kontingennya. Bahkan PWI Bangka Belitung secara sengaja tidak memberangkatkan kontingen di Porwanas XIV/2024, karena sejak awal sudah mengetahui bahwa Henry Ch Bangun yang notabene bukan anggota PWI masih diberi panggung untuk sambutan mewakili PWI Pusat.

“Kami boikot Porwanas XIV karena ajang ini hanya dimanfaatkan untuk kepentingan sepihak oleh mantan Ketum PWI Pusat yang sudah dipecat beserta kelompoknya,” kata M. Fathurrakhman, saat dihubungi via telephone, Kamis (22/8).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *