Kandidat Kuat di PilGub Babel secara ilmiah adalah Erzaldi Rosman Djohan dan Yuri Kemal Fadlullah

by -

PANGKALPINANG – Dosen Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung (UBB) Ariandi Zulkarnain dihubungi Selasa (30/07/2024) pagi.

Menurut Dosen Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung (UBB), Ariandi Zulkarnain untuk menjadi pemain kunci di Babel Gerindra sudah memenuhi syarat karena miliki petahan di Pilgub. “Gerindra tentu sangat – sangat menjadi key player pada kontestasi kali ini karena memang memiliki petahana. Konstelasi politik di daerah yang memiliki petahana kecendrungannya mereka sangat – sangat diuntungkan,

Seperti yang pernah di uraikan oleh perludem, tujuan dasar dari pilkada serentak untuk menciptakan equal playing battle field menjadi sulit untuk dicapai karena petahana tidak memulai dalam posisi yg sama dengan lawan lawan politiknya. Ia memiliki instrumen dan resource yg sudah ia pahami dengan baik dalam ruang program pemerintahan.

Meskipun dalam demokrasi kontemporer keterpilihan petahana sangat tergantung pada preferensi dan perilaku pemilih masyarakat.

Dalam sistem multi partai, 20% kursi di parlemen daerah butuh segera dikunci, peta politik akan terlihat setelah key player (pemain kunci) dalam hal ini petahana membangun kekuatan politik untuk mendapatkan kandidasi dalam koalisi parpol.

Maka kunci peta politik lokal sangat di pengaruhi oleh dinamika antar calon kepala daerah maupun partai politik yg akan mengusung”, ujar Ariandi.

Ada kepentingan publik yang juga harus di bawa ke dalam ruang kontestasi, isu lokal apa yang perlu dirawat, diselesaikan bersama. Sehingga konstelasi pilkada tidak lepas dari kontestasi gagasan,”

Saat dinamika kontestasi untuk pilkada Babel 2024 mulai dibangun beberapa bulan belakang. Kini bergeser pada proses politik bagaimana mekanisme mengawal rekomendasi itu sampai ke DPP. Erzaldi – Yuri menjadi calon pertama mendapat koalisi pengusung.