Lakukan Berbagai Inovasi dan Kolaborasi, Basel Raih Nilai Terbaik Penanganan Stunting di Babel

by -

FKB.COM, PANGKALPINANG – Dalam rangka mencapai target kinerja stunting, Pemprov Bangka Belitung melakukan penilaian kinerja penanganan stunting kabupaten/kota berturut turut selama tiga hari dari 19 – 21 Juni.

Hal itu disampaikan Kepala Bappelitbangda Bangka Selatan, Ir. Herman, SP., M.Eng kepada wartawan di Pangkalpinang, Jumat (21/6/24).

Menurut Herman, pada proses penilaian tersebut, seluruh kabupaten/kota diberikan kesempatan untuk memaparkan permasalahan, strategi dan inovasi penanganan serta hasil yang dicapai terkait kinerja stunting.

“Alhamdulillah berdasarkan informasi pengumuman dari tim penilai, Kabupaten Bangka Selatan mendapatkan predikat nilai tertinggi, disusul oleh Kabupaten Bangka dan Belitung Timur,” ungkap Herman.

“Kabupaten Bangka Selatan sendiri berhasil menurunkan angka stunting menjadi 20,3% pada tahun 2023 dari 23,0% di tahun 2022. Begitu pula dengan persentase keluarga beresiko stunting turun drastis menjadi 26,41% jika dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 66,60%,” sambungnya.

Untuk mencapai kinerja tersebut, lanjut Herman, Pemkab Bangka Selatan melalui Bappelitbangda
sendiri melakukan berbagai inovasi program. Antara lain seperti Gardu Kemunting (Gerakan Terpadu Kendalikan dan Tuntaskan Stunting), Berkat Pasti (Bergerak Serentak Penurunan Stunting), Batu Belimbing (Bersama Bunda, Turun Benahi dan Lihat Tumbuh Kembang Anak Stunting), Layar Gading Ranting (Layanan Antar Jemput Cegah Rawat Darurat dan Stunting), Moge Promkes dan Nyuling (Motor Gesit Promosi Kesehatan dan Penyuluhan Keliling), Yuk Krio (Yuk Konsultasi Di Rumah Sakit Mengenai Informasi Kesehatan Secara Online) dan beberapa inovasi lainnya.

“Disamping itu, Penanganan stunting di Kabupaten Bangka Selatan juga melibatkan berbagai stakeholder seperti TP. PKK Bangka Selatan, Instansi Forkopimda bahkan pihak swasta seperti Bank SumselBabel dan Perusahaan,” bebernya.

Di akhir wawancaranya, Herman menyampaikan ucapan terimkasihnya atas kolaborasi untuk pencapaian tersebut.
“Kami mengucapkan terimakasih atas kolaborasi kita semua untuk pencapaian ini. Selanjutnya informasi yang Kami terima bahwa untuk penyerahan penghargaan, akan diberikan kepada Kepala Daerah dalam waktu dekat ini. Selain itu, atas capaian ini, Tim Kementrian Kesehatan direncanakan juga akan berkunjung ke Bangka Selatan,” pungkasnya.(Muslim)

SUMBER : Dinas Kominfo Bangka Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.