Selain permodalan, dalam rangka meningkatkan daya saing, PT Timah secara rutin mengadakan pelatihan dan workshop bagi para pelaku UMKM. Pelatihan ini mencakup manajemen keuangan dan digital marketing.
“Salah satu cara paling efektif untuk mendukung UMKM adalah melalui peningkatan kapasitas. Untuk itu PT Timah kerap memberikan pelatihan yang dapat membantu mereka mengatasi tantangan bisnis yang terus berkembang,” kata Departement Head Communication PT Timah, Anggi Siahaan.
Anggota holding Industri Pertambangan MIND ID ini juga berperan aktif dalam memfasilitasi promosi produk UMKM dengan mengikutsertakan mereka dalam berbagai pameran lokal maupun nasional. Mendorong para mitra binaan untuk memanfaatkan platform digital dalam memasarkan produk.
Dari sisi promosi dan pemasaran, PT Timah juga memfasilitasi mitra binaan untuk memasarkan produk mereka di Galeri yang disediakan seperti di TINS Gallery dan Rumah BUMN Belitung.
PT Timah juga mengajak para karyawan untuk mendukung gerakan belanja UMKM, dimana dalam berbagai kegiatan perusahaan kerap diadakan bazar UMKM di areal perusahaan.
Menurut Anggi, PT Timah juga terus berkomitmen dalam memajukan UMKM melalui dukungan berkelanjutan. Berkolaborasi bersama Pemerintah, Rumah BUMN dan pihak terkait perusahaan berharap dapat membantu menciptakan iklim usaha yang lebih kondusif dan berkelanjutan bagi UMKM.
Dengan dukungan ini, PT Timah berharap para UMKM dapat menjadi lebih mandiri, inovatif, dan berdaya saing, sehingga mampu memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perekonomian Indonesia. (*)
Sumber: www.timah.com