Tingkatkan Cakupan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Pjs. Bupati Basel Dorong Kolaborasi Pemdes, Perusahaan dan Wiraswasta

by -

BANGKA SELATAN – Pjs. Bupati Bangka Selatan : Dr. Elfin Elyas, S.Sos., M.Si mengatakan bahwa Pemkab Bangka Selatan berkomitmen mewujudkan sinergitas antara Pemda Kabupaten Bangka Selatan dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam meningkatkan cakupan kepesertaan. Hal itu disampaikan Elfin Elyas di Toboali, Sabtu (12/102/4).

“Kedatangan teman teman BPJS Ketenagakerjaan ini dalam rangka memperkuat sinergitas untuk meningkatkan cakupan kepesertaan di Bangka Selatan. Nah, Kita Pemkab Bangka Selatan tentu saja berkomitmen untuk mewujudkan hal tersebut. Saat ini seluruh pegawai baik PNS, P3K, PHL, aparatur kelurahan dan desa sudah tercover,” ungkap Elfin.

“Sedangkan diluar itu seperti pekerja perusahaan, pekerja non formal termasuk pekerja rentan terus Kita dorong untuk mendapatkan keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itu, kolaborasi dan komitmen kuat dari berbagai pihak sesuai dengan kewenangan dan kewajibannya akan sangat dibutuhkan. Mulai dari pemerintah daerah, pemerintah desa, perusahaan dan termasuk wiraswasta,” sambung Dr. Elfin.

Dr. Elfin katakan bahwa cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Bangka Selatan meningjat dari sebelumnya.

“Berdasarkan laporan yang Saya terima, saat ini cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Bangka Selatan berkisar 21 persen, meningkat dari sebelumnya. Sejalan dengan program prioritas nasional terkait penghapusan kemiskinan ekstrim, sasaran prioritas perluasan cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kedepan salah satunya pekerja rentan seperti nelayan, petani, buruh dan jenis pekerja rentan lainnya, bebernya.