Hari Pertambangan dan Energi, Peran Strategis Timah sebagai Penggerak Ekonomi Nasional

by -

BANGKA BELITUNG — Sebagai salah satu produsen timah terbesar di dunia, Indonesia berperan penting dalam peta industri global. Pasalnya, timah merupakan salah satu komoditas mineral yang dibutuhkan dalam berbagai industri.

Komoditas Timah juga berperan untuk mendukung perekonomian nasional, khsusunya ekonomi di daerah penghasil seperti di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Industri timah juga menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan daerah, dan menyumbang devisa negara. Melalui ekspor timah yang berkualitas tinggi, Indonesia mampu bersaing di pasar internasional dan memperkuat posisi sebagai salah satu produsen utama timah dunia.

PT Timah Tbk, sebagai salah satu perusahaan tambang timah terbesar di Indonesia yang merepresentasikan negara terus berkomitmen untuk melaksanakan prinsip Good Mining Practice dalam proses bisnis perusahaan untuk pertambangan timah yang berkelanjutan.

Anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID ini telah mengambil berbagai langkah strategis untuk memastikan bahwa kegiatan operasionalnya tidak hanya mengutamakan aspek ekonomi, tetapi juga lingkungan dan sosial.

Guna menjaga keberlanjutan sumber daya alam, PT Timah aktif melakukan reklamasi lahan bekas tambang. Program penghijauan dan restorasi ekosistem terus dilakukan untuk meminimalisasi dampak lingkungan dari aktivitas penambangan.

Selain itu, perusahaan juga mendukung pengembangan ekonomi masyarakat lokal, dengan melibatkan masyarakat terlibat dalam proses bisnis perusahaan melalui program kemitraan.

Dari sisi tanggung jawab sosial dan lingkungan, PT Timah juga terus berupaya melakukan pemberdayaan masyarakat untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki.