HUT RI yg Ke 79 Bangka Flora Society berkolaborasi Pencinta Anggrek Indonesia Babel , & Salam explore Sungai Upang

by -

Sementara itu, Fahmi Andika, Sekretaris BFS menyampaikan bahwa Ekspedisi Merah Putih adalah kegiatan rutin BFS.
” Ekspedisi Merah Putih adalah kegiatan rutin Bangka Flora Society yang dilaksanakan setiap bulan Agustus. Tahun ini kami berkolaborasi dengan PAI Babel dan Salam Upang memilih lokasi ekspedisi di Sungai Upang. Kita ingin melihat kondisi tanaman, khususnya anggrek Bangka Belitung pada musim kemarau ini disaat debit air sungai upang sedikit”
“Tahun-tahun sebelumnya, ekspedisi merah putih pernah dilaksanakan di Kepulauan Lepar, Hutan Tanjung Salek Munggu, Bukit Idat Dalil, Bukit Panca Bukit Layang, Pantai Batu Dinding Belinyu, Pulau Nangka dan beberapa tempat lainnya. Ekspedisi ini dalam rangka mengidentifikasi tanaman khususnya anggrek yang tersebar di Bangka Belitung. Lokasinya sengaja kita pilih berbeda, hutannya kadang berada di tepian sungai, pulau kecil, tepi pantai, perbukitan serta rawa-rawa” ujar Fahmi.

Ketua Harian PAI Bangka Belitung, Dian Rossana Anggraini menyebutkan bahwa tim menjumpai beberapa jenis anggrek dalam ekspedisi ini.
” Sedikitnya ada 10 jenis anggrek yang kita jumpai, antara lain coelogyn asperata, coelogyn roschuseni, phalaenopsis cornucervi, dendrobium cromenatum, pomatocalpa, kingidium, bulbophyllum, robiquieta, flickingeria dan eria javanica”
“Untuk menjaga kelestariannya, sebagian anggrek ini kita pindahkan ke Pulau Anggrek Elsye Lestari dan bisa dijadikan tempat pembelajaran bagi pengemar anggrek, akademisi, kalangan pelajar dan mahasiswa ujar Peraih Anugerah Kalpataru 2015 dari Presiden RI ini.