Intensitas Hujan Tinggi, Pemkab Basel Siagakan Penanganan Bencana dan Himbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

by -

FKB.COM, BANGKA SELATAN – Kondisi saat ini, wilayah Bangka Selatan sedang berada dimusim penghujan yang intensitasnya cukup tinggi bahkan sesekali disertai angin kencang. Hal ini tentu akan berpotensi menimbulkan genangan air, banjir dan pepohonan tumbang serta timbulnya penyakit.

Untuk itu, Plt. Kadis Kominfo Selaku Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Kabupaten Bangka Selatan, Yuri Siswanto, S.ST., MM
menghimbau kepada masyarakat Bangka Selatan untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan tindakan pencegahan dirumah dan lingkungan masing-masing.

“Antara lain dengan menjaga kebersihan lingkungan, khususnya kebersihan dan kelancaran saluran air, tidak membuang sampah sembarangan dan merapikan pepohonan yang rentan tumbang/menimpa rumah, ” ujar Yuri di Toboali, Senin (8/7/24).

“Dari aspek kesehatan, Kita menghimbau agar tetap melakukan gerakan 3 M plus. Ini bertujuan untuk memberantas sarang nyamuk. Gerakan yang dimaksud adalah menguras tempat penampungan air, menutup tempat-tempat penampungan air, mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk,” bebernya.

Lebih jauh dikatakan Yuri, selain 3 M diatas yang dimaksud pada poin Plus antara lain menanam tanaman yang dapat menangkal nyamuk, memeriksa tempat-tempat yang digunakan untuk penampungan air, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi yang ada di rumah, melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan secara bersama, meletakkan pakaian yang telah digunakan dalam wadah yang tertutup, memberikan larvasida pada penampungan air yang susah untuk dikuras”.

“Pada kesempatan beberapa waktu lalu, Pimpinan Kita, Bapak Bupati dan Ibu Wakil Bupati juga sudah memerintahkan kepada OPD terkait untuk terus siaga dalam pelayanan utamanya terkait penanganan bencana. Masyarakat sendiri bila mengetahui kejadian bencana agar dapat menyampaikan kepada nomor aduan penanggulangan bencana Bangka Selatan dan kanal media sosial Bupati Bangka Selatan, ” pungkas Yuri. (mus)

SUMBER : Dinas Kominfo Bangka Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.