Ketika Bankir jadi Mafia, Masih ada kah Trust untuk Bank SumselBabel

by -
3 tersangka korupsi dana KUR Bank SumselBabel dikawal petugas saat dijebloskan ke penjara. (Ist)

Jelas korelasi antara profit bank dengan deviden yang akan diterima oleh pemilik saham, juga dipengaruhi oleh sehat atau tidaknya bank tersebut. Salah satu indikator sehat menurut Otoritas Jasa Keuangan, dilihat dari profil risiko (risk profile), good corporate governance, rentabilitas (earnings), dan permodalan (capital).

Jika kita ambil salah satu indikator, yakni good corporate governance, jelas banyak nya bangkir mafia KUR yang jadi tersangka menunjukkan bahwa Bank SumselBabel tidak dalam indikator sehat. Karena jelas KUR fiktif adalah dugaan tidak adanya good corporate governance di manajemen Bank SumselBabel.

Proses pengajuan kredit termasuk KUR bukan proses simsalabim. Ada SOP yang harus dilalui, namun sepertinya itu terabaikan. Sehingga muncul lah perkara KUR fiktif. Sedangkan pelaksanaan SOP merupakan salah satu indikator good corporate governance.

Khawatir nya adalah, pengabaian SOP dalam proses KUR fiktif hanya salah satunya yang terungkap. Bukan tak mungkin dalam banyak praktek manajemen, banyak SOP yang terabaikan. Lantas jika diduga Bank SumselBabel terindikasi tak sehat, sementara ada banyak pemerintah daerah yang meletakkan saham dalam Bank SumselBabel.

Korelasi antara bank yang sehat dengan kemampuan meningkatkan deviden jelas adanya. Jika bank SumselBabel diduga tak sehat, masihkan pemerintah daerah harus bertahan dalam sistem yang diduga rusak. Harus menjadi pertimbangan serius tentunya, karena modal yang disertakan dalam Bank SumselBabel adalah uang rakyat yang harus dipastikan memberikan manfaat. Masih kah Bank SumselBabel layak dipercaya di tengah krisis kepercayaan terhadap nya. Mungkin layak ditimbang ulang.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *