Bupati Riza Apresiasi Kesepakatan Rencana Bumdesma Mitra Lada Bersatu Ekspor Lada ke Prancis Akhir Tahun ini

by -

FKB. COM, BANGKA SELATAN – Bupati Bangka Selatan mengapresiasi langkah terobosan pengurus Bumdesma dalam upaya pengembangan bisnis komoditas lada.

“Kami mengapresiasi langkah terobosan yang dilakukan rekan rekan pengurus Bumdesma ini. Sebagai unit usaha yang core bisnis nya adalah komoditas lada. Kami melihat pengurus konsisten melakukan upaya pengembangan bisnis,” kata Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, ST, M.Tr.IP di Toboali, Senin (10/6/24).

“Alhamdulillah, saat ini rekan rekan pengurus sudah sampai pada kesepakatan dengan pihak buyer. Mudah mudahan proses rencana ekspor akan berjalan lancar dan terus berkembang, ” harap Bupati Riza.

Dikatakannya, Pemkab Bangka Selatan sendiri melalui dinas terkait akan terus mensupport Bumdesma Mitra Lada Bersatu dan juga Bumdes/Bumdesma yang lain.
“Kami melihat Bumdesma Mitra Lada Bersatu ini merupakan salah satu Bumdes/Bumdesma yang cukup inovatif di Bangka Selatan. Oleh sebab itu, berbagai pihak termasuk pemerintah pusat juga pernah memberikan dukungan dalam bentuk pelatihan pengembangan kapasitas usaha. Bumdesma ini sejak awal memang Kita proyeksikan akan menjadi motor penggerak usaha hilirisasi komoditas lada di Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) Air Gegas,” terangnya.

Di kesempatan yang sama, Alfeddy Hernandy menambahkan bahwa berdasarkan kesepakatan antara Bumdesma dengan pihak Buyer Perusahaan akan dilaksanakan ekspor perdana sebanyak 300 kg dalam bentuk vacum pressed.

“Berdasarkan kesepakatan dengan salah satu buyer perusahaan dari Perancis Le Roy Poivre, Kami akan mulai mengekspor Lada Putih Bangka akhir tahun ini. Pada rencana ekspor perdana, Kami akan mengirimkan sebanyak 300 kg dalam bentuk vacum pressed,” kata Alfeddy.

“Didalam kesepakatan tersebut, harga beli lada nya juga jauh diatas harga saat ini sehingga kami bisa membeli lada putih dengan harga lebih tinggi dari petani mitra kami. Tentunya dengan standar eropa (Codex), ISO dan SNI” imbuhnya.

Sebelumnya, pihak Bumdesma dan pihak buyer telah melakukan pertemuan kesepakatanpada tanggal 25-26 Mei 2024, yang berlangsung di Air Gegas Bangka Selatan. Pihak buyer merupakan perusahaan pemasok bahan baku masakan ke hotel dan restauran di Prancis.(Mus)

SUMBER : Dinas Kominfo Bangkaa Selatan

No More Posts Available.

No more pages to load.