Peduli Produk Kerajinan Masyarakat, Elizia Riza Herdavid Resmikan Gerai Baru

by -

FKB.COM, BANGKA SELATAN – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bangka Selatan mengumumkan pembukaan gerai baru di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Toboali, Jumat (28/04/2024).

Dalam upaya mewujudkan kepedulian terhadap produk-produk kerajinan masyarakat, gerai ini diresmikan oleh Ketua Dekranasda Bangka Selatan, Elizia Riza Herdavid.

Tujuan dari pembukaan gerai ini adalah untuk membantu para pengrajin di Kabupaten Bangka Selatan dalam mempromosikan dan memasarkan produk kerajinan masyarakat kepada pengunjung yang akan datang ke Negeri Junjung Besaoh.

“Dengan demikian para perajin akan semakin terpacu untuk berkreativitas, sehingga di satu sisi kesejahteraan pelaku IKM meningkat dan di sisi lain warisan budaya dari para leluhur kita juga akan tetap lestari,” ujar Elizia.

Lanjut Elizia mengatakan, Dekranasda Kabupaten Bangka Selatan memiliki peran strategis dalam mendorong pertumbuhan industri kreatif dan menjadi elemen penggerak industri kerajinan.

“Selain itu, Dekranasda juga berperan sebagai mitra pemerintah daerah dalam membina dan mengembangkan kerajinan lokal yang berkualitas,” ungkap Elizia.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Bangka Selatan, Anshori menyatakan harapannya agar Dekranasda Bangka Selatan dapat bekerja sama dengan anak-anak muda untuk mengembangkan kerajinan daerah yang lebih kreatif dan inovatif.

“Harapan saya kita membutuhkan kreasi dan inovasi yang tentunya dari anak-anak muda kita untuk lebih mengoptimalkan dan memaksimalkan produk-produk lokal kita, dan yang pasti kita tidak kalah bersaing dengan daerah lain,” pungkasnya.

Gerai tersebut memamerkan sejumlah kerajinan tangan, mulai dari batik baju, pernak-pernik dalam perkawinan adat, berbagai kerajinan tangan khusus, ukiran kayu, paralon, anyaman bambu, hingga makanan olahan dari ikan.(mus)

No More Posts Available.

No more pages to load.