Disperindag Babel Gelar Operasi Pasar Murah. Beras, Telur, Minyak Habis Terjual Diserbu Masyarakat

by -

Pangkalpinang-Dinas Peridustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengelar Operasi Pasar (OP), Senin (26/2) di halaman Taman UMKM Provinsi Kepulauan Babel, Komplek Perkantoran Gubernur Babel.

Dalam OP tersebut beragan jenis beras, telur, minyak goreng dan sembako lainya habis terjual dalam kurun waktu 4 Jam, di serbu oleh masyarakat Pangkalpinang, khususnya masyarakat Air Itam dan sekitarnya yang ingin membeli sembako dengan harga yang relatif lebih murah.

Beras Bulog premium dan telur serta minyak menjadi incaran utama masyarakat, dan untuk mendapatkanya warga rela mengantri sepanjang 5 sampai 6 menter dengan tiga baris antrian.

Berdasarkan data Dinas Peridustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Beras Bulog (SPHP) Terjual 4 Ton dengan harga per karung ukuran 5 Kg Rp. 53.000 dan Beras 118 (Premium) 100 karung/5 Kg dengan harga Rp. 80.000, Beras Sendok (Medium) 95 Karung, harga Rp. 75.000/5Kg dan Beras RM (Premium), terjual sebanyak 2.5 Ton dengan harga Rp. 82.000/5 Kg.

Selain Beras, Telur sebanyak 2000 butir dengan harga Rp. 1600/ telur, Minyak Fortun menghabiskan 150 liter, tepung terigu kita 50 Kg dan gula manis 100 kg, serta cabe, bawang, tomat dan wortel habis terjual.

Kabid Pengendalian Perdagangan dan Perlindungan Konsumen Disperindag Babel Fadjri Jagahitam mengatakan, bahwa sembako yang di jual dalam pasar murah yang di gelar atas kerjasama antara Dinas Peridustrian dan Perdagangan Provinsi Babel dengan Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung, Bulog Cabang Bangka dan para distributor yang ada di Pangkalpinang habis terjual.

“sembako yang di jual oleh para distributor habis terjual, diserbu oleh warga yang membutuhkanya, mereka mengantri dari pagi, beras dan telor serta minyak menjadi incaran warga,” katanya.

Operasi pasar Murah yang dipadukan dengan kegiatan nasional yaitu GPM (Gerakan Pasar Murah) dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menurutnya merupakan langkah nyata Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dalam membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari hari dengan harga terjangkau, apalagi saat ini dengan adanya kenaikan harga beras secara nasional.

“Beras ini naik, secara nasional, bukan di daerah babel saja dan distributor beras di Babel selalu mengambil beras di pasar Cipinang,” katanya.

Sementara itu, Analis perdagangan Ahli Muda Disperindag Babel koordinator kegiatan Operasi Pasar Murah Achmad Fajri menjelaskan dalam operasi pasar murah ini, pihaknya bekerjasama dengan distrributor menyediakan beras SPHP medium dari Bulog dengan harga sangat terjangkau yaitu hanya Rp 53.000 perkarung ukuran 5 kg yg kualitasnya bagus.

Selan itu, ada juga Beras 118 (Premium) Rp. 80.000/5 Kg, Beras Sendok (Medium) harga Rp. 75.000/5Kg dan Beras RM (Premium), dengan harga Rp. 82.000/5 Kg, Telur, minyak fortun, tepung terigu dan gula manis, serta cabe, bawang, tomat dan wortel.

“kegiatan ini juga secara umum bertujuan untuk menekan laju inflasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan rencananya kami akan mengadakan kegiatan seperti ini di 7 Kabupaten/Kota,” pungkasnya.

Sumber: Humas Disperindag Babel.

 

No More Posts Available.

No more pages to load.