Antisipasi Resiko Stunting, DKPPKB Basel Gelar Pemilihan Duta Genre Bangka Selatan Tahun 2023

oleh

FORUMKEADILANBABEL.COM, TOBOALI – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Basel menggelar pemilihan dan Penobatan Duta Genre tahun 2023 dalam mengantisipasi penyebab resiko Stunting di Bangka Selatan. kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Serbaguna Kabupaten Bangka Selatan, pada Jum’at (26/5/2023).

Kegiatan pemilihan Duta motivator di kalangan remaja ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi.

Dengan adanya pengetahuan kesehatan reproduksi di kalangan remaja, diharapkan dapat menekan angka kejadian pernikahan dini yang merupakan salah satu penyebab terjadinya resiko Stunting di kabupaten Bangka Selatan.
Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan Eddy Supriadi, M.Pd Seizin Bupati Bangka Selatan menyampaikan, bahwa Bung Karno sendiri seorang Founding Father Bangsa Indonesia mengakui dahsyatnya kekuatan anak muda, itulah mengapa Duta Genre bukan seorang dewasa atau senior dengan ketokohannya, tetapi anak-anak muda Bangka Selatan yang dipilih.
“Saya yakin, bahwa anak muda ini akan menjadi teladan, pelopor, motivator, serta promotor yang baik bagi anak-anak ataupun remaja yang lain.”Ucapnya.

BACA JUGA :  Sempat Ditolak Masyarakat Desa Labuh Air Pandan, PT NKI Justru Dapat Izin Pemanfaatan Hutan dari Mantan Gubernur Erzaldi

Eddy Supriadi berharap, mereka dapat membantu pemerintah dalam menyiapkan generasi muda yang sehat, produktif dan berkualitas,
“Harapannya agar mereka nantinya mampu meraih bonus demografi serta indonesia emas pada tahun 2045,”ujarnya.

Menurut Sekda Eddy, sebagai remaja genre mereka harus mampu menularkan dan mempromosikan program-program genre, untuk itu maka pengetahuan yang mumpuni dan skill komunikasi yang baik menjadi hal yang penting.
“Duta Genre adalah role model serta motivator bagi remaja dalam memberikan sosialisasi dan mempromosikan program genre, maka pengetahuan, keahlian dan skill komunikasi yang baik wajib dimiliki agar peran mereka dapat lebih efektif.”ungkapnya.

Eddy juga menyampaikan, Pengetahuan yang dimaksud dalam hal ini ialah memahami berbagai permasalahan remaja, permasalahan seputar seksualitas, HIV/AIDS, penyalahgunaan narkoba, kesehatan reproduksi, usia menikah yang ideal, dan seterusnya, sehingga nantinya akan terjalin pendekatan dari, oleh dan untuk remaja.”Papar Sekda Basel tersebut.
Sekda Eddy Dalam kesempatan tersebut juga tak lupa berpesan kepada remaja Putra dan Putri yang baru saja terpilih untuk menjalankan tugasnya sebagai Duta Genre Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2023 agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.
“Pesan saya kepada Duta Genre Tahun 2023 pemilihan ini jangan hanya sebatas formalitas saja, jalankan tugas dengan baik, mari bersama ikut berkontribusi langsung di masyarakat dengan menyebarkan program-program genre, agar Kabupaten Bangka Selatan bisa semakin hebat dalam menyongsong indonesia emas di tahun 2045.”Tutupnya.

BACA JUGA :  Laksanakan Intruksi Bupati, Dinsos Perlindungan Anak Kabupaten Basel Berikan Bantuan Kepada Warga Desa Air Bara yang terkena Musibah

(Rachmat)