Disperindag Babel Fasiltasi Perjanjian Kerjasama Hortikultura Antar Pemprov Babel dan Provinsi Sumsel

oleh

Pangkalpinang-Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfasilitasi Perjanjian Kerjasama (PKS) Hortikultura antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dengan Pemerintahan Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) tentang Perjanjian Kerjasama (PKS) Hortikultura di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Babel, Jumat (17/3).

Penandatanganan yang dilakukan antar pengusahan yang disaksikan oleh Pj.Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Jamaludin dan tamu undangan dalam acara dalam acara High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kepulauan Babel.

Menurut Subkordinator Ahli Muda Stabilisasi Harga Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Disperindag Babel, Achmad Fajri bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Bangka Belitung akan tanaman hortukultura, sehingga harga bahan-bahan pokok tanaman perkebunana tetap stabil dan tidak mengalami kenikan.
Setidaknya ada tiga pengusaha distibutor hortikultura yang melakukan PKS, salah satunya distributor Toko Haji Awi Kota Pangkalpinang Provinsi Babel dan Toko Helmi Syatri Kota Palembang Provinsi Sumsel.

BACA JUGA :  Bupati Riza Ajak Masyarakat Semarakkan Event Basel Bekecak

Mengenai jenis tanaman hortikultura yang di PKS kan, lajut Fajri diantaranya aneka ragam perdagangan jenis cabe, dan jenis bawang, ketumbar serta kemiri.
Dengan adanya PKS tersebut dirinya berharap, dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Babel akan cabe dan bawang serta yang lainya , sehingga harga kedua komoditi tersebut tetap stabil, terlebih jelang Rahmadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Selain itu, PKS tersebut juga dapat berkelajutan sehingga membawa dampak yang baik buat Pemprov Babel dan Pemprov Sumsel, terutama masyarakat dan para pengusaha.
“Harapan kita dari PKS ini berkelajutan, sehingga kebutuhan cabe dan bawang serta Holtikultura lainya dapat terpenuhi dan harganya tetap stabil,” katanya.

Sementara itu H. Ernawi atau biasa di pangil H. Awi pengusaha sekaligus pemilik toko Haji Awi menyambut baik PKS tersebut dan dirinya menegaskan bahwa stok cabe dan bawang merah aman jelang Rahmadan dan Hari Raya Idul Fitri untuk Babel. Namun demikian dirinya berharap kepada pemerintah dan pihak terkit lainya untuk memperlancar jalur distribusinya.
“Harga dan kebutuhan cabe dan bawang aman sampai lebaran. Mohon armadanya di tambah, sebab jelang Rahmadan bisanya ramai, transporasinya yang penting lancar,” katanya, pada acara High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kepulauan Babel.

BACA JUGA :  Meja Goyang Timah milik Kolektor Akim Dipolice Line Polisi

Selain PKS Pemprov Babel dan Pemprov Sumsel, ada juga pemberian penghargaan dari Pj. Gubernur Kepulauan Babel kepada Bupati dan Walikota atas peran aktif terhadap Pengendalian Inflasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (Mislam/M.Fajri)