Resmikan Puskesmas, Bupati Mulkan : Sehebat Apapun Dokter dan SDM Nakes Kita, Tanpa Didukung Sarana dan Prasarana Sulit Tingkatkan Pelayanan

oleh
Bupati Mulkan saat peresmian Puskesmas dan gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (labkesda) Sinar Baru Kelurahan Sinar Baru Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung, Rabu (31/01/2023).

FORUMKeadilanbabel.com, SUNGAILIAT – Sehabat apapun Dokter dan SDM Nakes tanpa didukung sarana dan prasarana maka tidak akan mungkin pelayanan kepada masyarakat akan maksimal khususnya di bidang kesehatan.

Hal tersebut dikatakan Bupati Mulkan saat peresmian Puskesmas dan gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (labkesda) Sinar Baru Kelurahan Sinar Baru Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung, Rabu (31/01/2023).

Diketahui, pembangunan sarana Labkesda  tersebut  bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik reguler bidang kesehatan tahun 2022 dan dana DID tahun 2021.

Selain Labkesda, Bupati Bangka, Mulkan juga sekaligus meresmikan gedung Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka yang baru selesai pembangunannya, dan juga fasilitas pelayanan kesehatan lain seperti gedung Poned Puskesmas Belinyu, Petaling, Penagan dan Bakam.

BACA JUGA :  Tanggapi Isu Penggunaan Handphone di dalam Lapas, Kadiv Pas : Jika Terbukti akan Ada Sanksi secara Proporsional

Bupati Mulkan tak lupa menyampaikan  terima kasih kepada semua pihak yang turut mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Bangka dalam pembangunan.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung upaya pemerintah kabupaten Bangka dalam membangun kelengkapan sarana dan prasarana kesehatan. Karena faskes yang sudah tersedia yang dibangun dengan dana yang cukup besar ini bisa membawa manfaat besar bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” ujar Mulkan.

Mulkan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenkes dan dia berjanji akan menganggarkan melalui APBD untuk pengadaan peralatannya.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Kementerian Kesehatan, dan juga nanti peralatan-peralatan di Labkesda ini akan kita anggarkan melalui APBD, dan tentu juga kami mohon dukungan dari Pemerintah Provinsi dan Pusat. Kami Pemkab Bangka sejak awal memang sangat memberi perhatian kepada kelengkapan sarana prasarana kesehatan, mulai Pustu, Puskesmas hingga rumah Sakit. Karena sebaik dan secerdas apapun Dokter dan Nakes kita tanpa ada penunjang fasilitas kesehatan yang baik, maka akan sulit meningkatkan pelayanan kesehatan,” terangnya.

BACA JUGA :  Bupati Riza Ajak Masyarakat Semarakkan Event Basel Bekecak

Sementara itu Direktur Tata Kelola Kementerian Kesehatan RI, Mayangsari, memberikan apresiasi bagi Kabupaten Bangka dalam upaya pembangunan kesehatan.

“Saya apresiasi bagi Kabupaten Bangka dalam upaya pembangunan kesehatan dan Kemenkes akan mendukung penuh setiap kegiatan pembangunan yang mengarah pada peningkatan layanan kesehatan masyarakat,” demikian apresiasi Mayangsari.

“Labkesda ini juga menjadi bukti kehadiran kami dari Pemerintah Pusat. Sebagai bukti kehadiran kami dari pemerintah pusat memberikan bantuan melalui dana DAK fisik, kita membangun fasilitas-fasilitas kesehatan. Tapi untuk kelengkapan peralatan penunjang di dalam, kami harapkan dari pemerintah daerah bisa menganggarkan,” sambung Mayangsari.

Dalam acara tersebut turut hadir Forkopimda Kabupaten Bangka yakni Kajari, Kapolres, dan Ketua Pengadilan Agama, Anggota DPRD Bangka Firdaus Djohan, Kepala LPP RRI Sungailiat, Kadinkes Provinsi Babel Andri Nortito, dan kepala OPD Kabupaten  Bangka serta undangan lainnya. (Tami)

BACA JUGA :  Dua Kali Mangkir, Frangky Bos Belitung Akhirnya Ditangkap Jaksa