Wali Kota Molen Dukung Pembangunan Kolam Retensi Pedindang, Seirama Dengan Kepala Desa Setempat

oleh
Wali Kota Molen berikan sambutan dalam pertemuan konsultasi masyarakat terkait pembangunan Kolam Retensi Pedindang, Senin (23/1/23).

FORUMKeadilanbabel.com PANGKALPINANG – Wali Kota Pangkalpinang menghadiri Pertemuan Konsultasi Masyarakat terkait Pembangunan Kolam Retensi Pedindang di Kantor Kepala Desa Pedindang, Senin (23/1/23).

Selain Wali Kota juga hadir Pj. Gubernur Bangka Belitung, Kepala PU Kabupaten Bangka Tengah, Plt. Sekda Kota Pangkalpinang/Kepala Dinas PUPR, Kepala BWS Bangka Belitung, Kepala Desa Pendindang dan Kepala Desa Terak, serta sejumlah warga setempat.

Dalam sambutannya, Wali Kota Pangkalpinang, Dr. H. Maulan Aklil mengatakan pihaknya bahagia sebab 69 persen reduksi genangan air dapat dinikmati.
“Kami bahagia, 69 persen reduksi genangan air dapat kami nikmati,” ungkap Molen sapaan wali kota.

Dikatakan Molen, ada 13 surat, Desa Terak 20 surat, mohon pembebasan membantu lahan ini agar pembangunan segera dilakukan.
“Kami sangat mengapresiasi, tolong pak, bantu pak, inilah harapan masyarakat Kota Pangkalpinang, kalo ini selesai, ini jadi agak ringan tugas kami,” harapnya.

BACA JUGA :  Ucapkan Selamat kepada Pasangan Prabowo-Gibran, LDII Sampaikan 5 Permintaan untuk Presiden dan Wapres RI Terpilih

“Setiap tahun kami gali pasir di pasar ikan, setiap tahun normalisasi sungai, kalo air disini jelek di Bangka Tengah, air yang ke kami juga jelek,” sambungnya.

Molen juga menyampaikan jika Pemkot berencana untuk membangun embung di Selindung.
“Kami juga ada rencana bangun embung di selindung, kami sudah ganti rugi 17 hektare lebih, secara Amdal juga sudah siap, mohon dukungan pak gubernur, gak tahun ini gak apa-apa,” pintanya.

Sementara Pj. Gubernur Bangka Belitung, Dr. Ridwan Djamaluddin dalam sambutannya mengatakan bahwa rencana pembangunan Kolam Retensi Pedidang merupakan perhatian Pemerintah Pusat untuk Bangka Belitung.
“Saya melihat bahwa Pemerintah Pusat sudah perhatian ke Bangka Belitung dengan anggaran yang jarang-jarang sebesar itu, dalam sebuah program pembangunan pasti ada yang dapat banyak manfaat, ada yang sedikit manfaat, dan ada yang sedikit berkorban. Harus ada semangat-semangat pengorbanan untuk hal-hal yang lebih besar,” tandas Ridwan Djamaluddin.

BACA JUGA :  Terima Penghargaan dari KPK Sebagai Pemda dengan Penilaian MCP Tertinggi, Ini Pesan PJ Wako Lusje

“Kita cari jalan sebaik-baiknya supaya masyarakat yang selama ini mengelola juga masih mendapat manfaat seperti wisata, UMKM dan lain sebagainya,” sarannya.

Kepala Desa Terak, Haryono menyambut baik rencana pembangunan tersebut.
“Kami setuju pak Molen, terhadap pembangunan waduk tersebut, karena kami lihat banyak hal positifnya. Apabila sudah terbangun, genangan air di Pangkalpinang bisa kita tekan,” sebutnya.

“Kami harap pengelolaan ini bukan hanya satu desa, tapi antar desa, saya sarankan bukan hanya atas nama Kolam Retensi Pedindang saja,” harapnya.

Berdasarkan informasi slide BWS Bangka Belitung, Pembangunan Kolam Retensi Pedindang memiliki manfaat diantaranya;
– Resiko yang diakibatkan genangan air dapat berkurang/reduksi genangan air 69%.
– Sebagai sarana wisata air.
– Area pengembangan usaha kecil dan mikro.
– Sebagai konservasi air, mampu meningkatkan cadangan air tanah setempat.
– Volume tampungan kurang lebih 540.000 m3.
– Panjang pelimpah 15 m
– Pintu air 2 unit (1m x 1,5m)
– Jembatan operasional I=2m p=20m. (Red)

BACA JUGA :  Terimakasih UHC-nya Pak Bupati Babar Hanya Bermodalkan KTP dan KK, Sutrisno Pekerja TI Lega, Istrinya Terselamatkan Dari Serangan Jantung

Sumber : Diskominfo pgk.