Tiga Puluh Persen Peserta BPJS mandiri di Basel Beralih ke Program UHC

oleh
Kepala BPJS Kesehatan Bangka Selatan, Anugrah

TOBOALI — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan ada sekitar 30% peserta BPJS mandiri beralih ke program UHC yang dilaksanakan Pengkab Bangka Selatan.

Kepala BPJS Kabupaten Bangka Selatan Anugrah Maha Putra menyampaikan, peralihan 30% peserta BPJS mandiri tersebut setelah dilaksanakan program UHC oleh pemerintah Bangka Selatan, hal tersebut disampaikannya kepada wartawan pada Selasa siang (13/12/2022).

“Kalo dari data, saat ini ada sekitar 30% peserta BPJS yang dulunya mandiri sekarang beralih ke UHC yang di tanggung pemerintah Kabupaten Bangka Selatan,” ujjarnya.

Anugrah juga menyampaikan, saat ini dari program UHC pemerintah menggelontorkan dana berobat gratis bagi masyarakat Bangka Selatan sekitar 3 M perbulan. Jadi sudah sepatutnya masyarakat mendapat pelayanan kesehatan terbaik dari program tersebut.

BACA JUGA :  Terungkap!! HD Oknum Pimpinan Media Online Diduga Sebagai Penampung Hasil Tambang Timah Ilegal di Kolong Buntu Nangnung Sungailiat

“Program UHC atau berobat gratis dengan menggunakan KTP sudah bisa di gunakan masyarakat, asalkan KK nya sudah terdaftar online, dan telah sesuai prosedur pelayanan BPJS.”ucapnya.

Dengan demikaian masyarakat seharusnya lebih mudah mendapatkan pelayanan dari pihak fasilitas kesehatan, seperti di puskesmas dan Rumah sakit rujukan yang telah menjalin kerjasama. Karena semua pelayanan pengobatan gratis telah di tanggung, asal sesuai prosedur.

“Untuk pelayanan UHC semua di tanggung sampai sembuh, asal sesuai aturan dan prosedur, termasuk obat-obatan karena itu sudah satu paket.”Jelasnya.

Menurut Anugrah, untuk obat-obatan juga semua sudah gratis. Misalnya ada masyarakat Bangka Selatan yang harus beli obat di luar fasilitas kesehatan yang di sediakan maka biayanya harus diganti.

BACA JUGA :  Percepat Target Penurunan Stunting di Babel, Pj Ketua TP PKK Pimpin Rapat Koordinasi dengan Perangkat Daerah

“Kalau pihak fasilitas kesehatan belum bisa memberikan obat maksimal dan harus beli di apotik maka uangnya harus diganti kepada masyarakat,”ujarnya

Menurut Anugrah, dengan adanya program kesehatan gratis ini masyarakat harus menikmati pelayan kesehatan secara maksimal. Apabila ada keluhan masyarakat bisa melapor ke nomor pelayanan BPJS yang telah di sediakan.

Bila ada keluhan tentang pelayanan kesehatan silahkan laporkan ke Nomor hanphone 081272240071 , kami siap 2×24 jam,” tutur Kepala BPJS Kabupaten Bangka Selatan, Anugrah Maha Putra kepada para wartawan.

(Rachmat)