Kenalkan Dunia Pers di Kalangan Pelajar, PWI Bangka Bentuk Komunitas Pers Sekolah

oleh
Foto bersama. Para pelajar dari sejumlah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Kecamatan Sungailiat dan Pemali usai mengikuti acra Pers Sekolah yang diselenggarakan PWI Bangka di Hotel ST12 Sungailiat, Minggu (11/12/22).

SUNGAILIAT – Kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Program Pers Sekolah yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bangka usai digelar di Ballroom ST 12 Sungailiat.

Kegiatan yang melibatkan pelajar SMA di Kecamatan Sungailiat dan Pemali ini digelar 2 hari Sabtu dan Minggu (10-11/12/2022). Animo para peserta dalam mengikuti materi kejurnalistikan begitu tinggi.

Ketua PWI Bangka, Zuesty Novianti mengatakan dari 12 sekolah yang dilibatkan tercatat hanya 7 sekolah yang mengirimkan perwakilan lantaran terbentur jadwal Penilaian Akhir Semester (PAS) di sekolahnya.

“Ada 25 peserta yang ikut Pelatihan Jurnalistik dan Pers Sekolah. Setelah dikonfirmasi masih ada sekolah sekolah yang menyelenggarakan PAS,”ujar Zuesty.

Ia mengatakan kegiatan ini sekaligus membentuk Komunitas Pers Sekolah di kalangan pelajar SMA. Dan langsung dilakukan ditentukan 3 orang kandidat yang dipilih secara voting menjadi Ketua Komunitas Pers Sekolah (KPS) periode 2022 – 2023.

BACA JUGA :  Tanggapi Isu Penggunaan Handphone di dalam Lapas, Kadiv Pas : Jika Terbukti akan Ada Sanksi secara Proporsional

“Kandidat kita pilih dari karya tulis jurnalistik yang dibuat masing – masing peserta. Secara umum, para peserta ini sudah memahami cara membuat berita ringan. Dan 3 orang karya terbaik ditetapkan menjadi kandidat dan dipilih langsung oleh peserta lainnya,”jelas wanita yang akrab disapa Eztie usai kegiatan.

Salsabila Clarista, siswi SMAN. 1 Sungailiat Terpilih menjadi Ketua KPS. Setelah unggul 1 suara dari Claudia, Siswi SMK Yapensu Sungailiat yang mendapat 11 suara.

“Kita pilih langsung dengan sistem voting. Ke depannya PWI Bangka akan menjadi pembina dalam struktur KPS,”jelas Estie.

Ia mengatakan program Pers Sekolah ini akan terus dilanjutkan di tahun 2023 dengan tujuan mengenalkan “Dunia Pers” di kalangan pelajar.

BACA JUGA :  Lagi, Kasus Dugaan Mafia Tanah, Jaksa Bidik Sekda Belitung

“Mereka – mereka ini sederhananya akan menjadi wartawan di sekolahnya masing – masing. Kegiatan ini ditujukan untuk memicu semangat literasi bagi pelajar di Bangka sehingga setelah terbentuknya komunitas mereka memiliki wadah untuk menyalurkan karya tulis dan menjadi tempat untuk saling berkomunikasi antar pelajar”harapnya.

Estie berharap Program Pers Sekolah ini akan terus meluas se- Kabupaten Bangka sehingga setiap sekolah di tingkat SMA memiliki ruang bagi komunitas literasi pelajar. (Rls)