UPTD RPK Disperindag Babel, Jadi Tempat Studi Tiru Dinas KUKM dan Perdagangan Kota Pematang Siantar

oleh

Pangkalpinang- Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (KUKM) dan Perdagangan Kota Pematang Siantar Sumatra Utara melakukan kunjungan dan studi tiru ke UPTD. Rumah Promosi dan Kemasan (RPK) Dinas Perindustrian Dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Rombongan kunjungan dan studi tiru Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Pematang Siantar, Kamis (1/12) di sambut hangat oleh Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Deki Susanto dan Kepala UPTD. RPK Babel Alfatah Suriaan beserta jajaranya di ruang pelayanan Kantor RPK Babel.

Sekretaris Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Deki Susanto dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang dan rasa terima kasihnya kepada jajaran Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Pematang Siantar karena telah mengunjungi Disperindag Babel, khususnya ke UPTD. RPK Babel.
Oleh karena itu, dirinya berharap, dengan adanya kunjungan tersebut, selain dapat mempererat tali silaturahim antara Disperindag Provinsi Babel dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Pematang Siantar. Diharapkan juga menjadi motivasi bagi UPTD. RPK untuk lebih baik lagi kedepanya dalam mengembangkan dan melayani masyarakat.

BACA JUGA :  39 OPD Pemkab Bangka Tandatangani PERKIN

Sementara itu, Ketua Rombongan Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Pematang Siantar Herbet Aruan menjelaskan, pemerintah Kota Pematang Siantar terus mendukung dan memfasilitasi pertumbuhan dan pengembangan produk oleh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerahnya.
Hal itu sesuai dengan visi misi Wali Kota untuk menjadikan masyarakat Kota Pematang Siantar yang sehat, sejahtera dan berkualitas. Untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat pelaku usaha maka Pemerintah Kota Pematang Siantar melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Pematang Siantar berencana untuk mendirikan Rumah Promosi dan Kemasan di Kota Pematang Siantar.

Untuk itu kata Herbet Aruan, merasa perlu menggali informasi dan melakukan studi tiru ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sudah terlebih dahulu memiliki UPTD. Rumah Promosi dan Kemasan.
‘Kami melakukan kunjungan kerja sekaligus studi tiru. Besar harapan kami, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkenan menerima kedatangan kami dan berbagi ilmu terkait pembentukan Rumah Promosi dan Kemasan di daerah kami,” katanya.
Di tempat terpisah Yossie Riestu Pradhifta Kasi Pengembangan dan Pemasaran UPTD. Rumah Promosi dan Kemasan Babel menuturkan tujuan kunjungan kerja dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Pematang Siantar Sumatra Utara yaitu untuk melihat dan bertanya secara langsung terkait proses pembentukaan UPTD. RPK Babel sebab daerah tersebut berencana akan membuat Rumah Kemasan di Kota Pematang Sumatra Utara.
“Studi tiru untuk pembentukan rumah kemasan di Kota Pematang Siantar,” katanya.

BACA JUGA :  Perayaan Imlek Di Rumah Dinas Wali Kota, Molen : Jangan Coba-Coba Ada Konflik SARA

Atas kunjungan tersebut, Kepala UPTD. RPK Babel Alfatah Suriaan berharap kunjungan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Pematang Siantar ke UPTD. RPK Babel dapat menjadi referensi dinas tersebut untuk mengembangkan layanan kepada masyarakat dalam membentuk UPTD. RPK Kota Pematang Siantar.
“Agar pertemuan ini dapat menjadi referensi untuk Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Pematang Siantar dalam mengembangkan layanan kepada UMKM khususnya layanan kemasan dan kedepannya semoga terjalin kerjasama antara UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Bangka Belitung dengan Pemerintah Kota Pematang Siantar,” ujar Alfatah.

Usai melakukan melihat proses produksi dan sarana prasarana serta diskusi di UPTD RPK. Babel, rombongan bersama jajaran RPK Babel melakukan foto bersama. (mislam/yossie)

BACA JUGA :  Bupati Mulkan Berharap Anggota DPRD Dapil Belinyu dan Riau Silip dapat Berkoordinasi dengan DLH