Gelar Pers Sekolah dan Pelatihan Jurnalistik, PWI Bangka Bidik Pelajar SMA

oleh
Caption : Rapat Persiapan Program Pers Sekolah dan Pelatihan Jurnalistik Pelajar di Sekretariat PWI Kabupaten Bangka (Selasa, 28 November 2022).

FORUMKeadilanbabel.com, BANGKA – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bangka akan menyelenggarakan program Pers Sekolah dan Pelatihan Jurnalistik yang membidik para Pelajar SMA untuk dilatih menjadi Wartawan Sekolah.

Ketua PWI Bangka, Zuesty Novianti kepada timelines1.com Kamis (1/12/2022) mengatakan Pilot Projet program Pers Sekolah ini akan melibatkan 50 pelajar yang mewakili Sekolahnya masing masing untuk dilatih menulis berita.

“Kita ambil sekolah sekolah di Kecamatan Sungailiat dan Pemali. Peserta mewakili sekolahnya masing-masing. Baik utk SMA, SMK, MAN dalam pilot projects Program Pers Sekolah PWI Bangka tahun ini,”kata Zuesty.

Dia mengharapkan para peserta nantinya dapat mengaplikasikan ilmu jurnalistik yang dibekali PWI Bangka dalam Ekstra kulikuler Pers Sekolah di internal sekolahnya.

BACA JUGA :  Perayaan Imlek Di Rumah Dinas Wali Kota, Molen : Jangan Coba-Coba Ada Konflik SARA

“Banyak kegiatan kegiatan dan agenda pelajar yang masih belum tersentuh publikasi. Untuk itu PWI berharap para pelajar ini nanti dapat berkontribusi mengirimkan karya jurnalistik ke media media massa. Minimal mereka dapat menerapkan program Pers sekolah di internal sekolah masing masing. Kalau dulu itu kita kenal dengan Mading. Tapi sekarang sudah era digital. Pelajar kita mampu kok update mengikuti teknologi,” harapnya.

Program Pers Sekolah, PWI Bangka memberikan bimbingan dan asuhan kepada para Jurnalist Sekolah yang dibentuk dalam Wadah Komunitas Penulis Pelajar.

“Kita mendampingi dan mengasuh. Nanti kita bentuk wadah komunitas. Ini yang kita harapkan, para pelajar dapat membuat karya jurnalistik dan layak menjadi produk Jurnalist yang dapat dikonsumsi publik. Apalagi saat ini banyak media media yang siap menampung karya citizen jurnalis, ada content creator, blogger, vloger, youtuber dan lain lain. Selain mengasah bakat, ini bisa menjadi peluang untuk generasi muda,” katanya.

BACA JUGA :  Resmikan Puskesmas, Bupati Mulkan : Sehebat Apapun Dokter dan SDM Nakes Kita, Tanpa Didukung Sarana dan Prasarana Sulit Tingkatkan Pelayanan

Program Pers Sekolah dan Pelatihan Jurnalistik Pelajar ini akan digelar pada 10 dan 11 Desember di Ballroom Hotel ST 12 Sungailiat dengan melibatkan narasumber sebagai pemateri dari Anggota PWI Provinsi yang sudah memiliki sertifikasi dari Dewan Pers. (Rel).