Bangka Selatan Sukses Gelar MTQH ke-XI Provinsi Kep. Bangka Belitung Tahun 2022

oleh

Bangka Selatan _ Dalam rangkaian Acara Penutupan Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) ke-XI Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022 yang digelar di GOR Junjung Besaoh berlangsung begitu meriah, dari pantauan media ribuan masyarakat berdatangan memadati GOR dan area bazar UMKM MTQH untuk menyaksikan agenda kegiatan tersebut. Sabtu (19/11/2022).

Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP dalam sambutannya mengatakan bahwa Al-Quran adalah pusat energi yang tidak hanya menggerakkan, tetapi juga merawat Islam dan pemeluknya, penjagaan dan kemurnian isi dan kandungan Al-Quran melalui lantunan, hafalan ayat-ayat Al-Quran dan Hadits Nabi, yang Allah SWT titipkan kepada anak cucu kita.

“Alhamdulillah syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT pada hari ini kita telah menyelesaikan rangkaian kegiatan MTQH dengan tertib aman dan lancar tanpa halangan suatu apapun, sehingga para qori-qoriah, hafidz-hafidzah dan seluruh peserta telah memberikan upaya terbaiknya dan begitu juga para dewan hakim telah memberikan penilaian se-obyektif mungkin sehingga menghasilkan putera-puteri terbaik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan mewakili di tingkat nasional,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Kasus Dugaan Mafia Tanah, Kejati Babel akan Periksa Mantan Gubernur Erzaldi

Tak lupa Bupati Riza Herdavid menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi demi suksesnya penyelenggaraan MTQH ini.

“Kami menyadari sepenuhnya dalam pelaksanaan MTQH ke-XI tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022 di Kabupaten Bangka Selatan ini masih ada kekurangan, untuk itu kami atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan serta masyarakat Bangka Selatan mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena inilah kemampuan yang dapat kami berikan,” ungkapnya.

Hadir dan menutup acara MTQH ke-XI ini secara langsung Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr. Ir. Ridwan Djamaluddin, M.Sc. Dalam sambutannya mengatakan MTQH merupakan agenda seni membaca dan mempelajari Al-Quran yang sudah sejak lama diadakan,

“seiring perkembangan zaman dan generasi yang semakin millenial saat ini tidak hanya Al-Quran yang wajib dielajari dan dilantunkan dengan indah, namun Hadits Nabi pun harus dibumikan agar dapat zuriad berakhlakul korimah perperilaku sholeh sholehah yang mencintai Al-Quran serta mengamalkan sunah-sunah Rosulullah.

BACA JUGA :  Bupati Riza Ajak Masyarakat Semarakkan Event Basel Bekecak

“Kita ketahui bersama bahwa Al-Quran adalah petunjuk umat manusia, pembeda antara yang hak dan yang batil. Demikian juga Hadits Nabi sebagai tuntunan umat manusia dalam bertindak dan bertingkah laku maka dalam segala aspek dan seni kehidupan mari kita hiasi moral dan keperibadian kita dengan Al-Quran dan Hadits,” ujarnya.

Pj. Gubernur Ridwan Djamaluddin memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh kafilah Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung baik peserta, official atau pendamping yang telah mengikuti MTQH ke-XI di Kabupaten Bangka Selatan ini.

“Penyelenggaraan kegiatan Syiar Islam dan Hadits ini memang salah satunya mencari yang terbaik sebagai perwakilan Bangka Belitung ditingkat nasional nantinya namun hakikat yang sesungguhnya bukanlah sebuah kemenangan semata yang kita harapkan, melainkan adanya rasa ukuwah yang semakin erat diantara kita semua dan keinginan yang kuat untuk membumikan Al-Quran dan Hadits di Bangka Belitung Bumi Serumpun Sebalai yang kita cintai ini”ungkapnya sebelum menutup acara secara resmi.

BACA JUGA :  Bupati Riza Apresiasi Atas Pembangunan Hotel Sewarna Manunggal Toboali

Dari seluruh cabang yang diperlombakan Kafilah tuan rumah Kabupaten Bangka Selatan berhasil mendapatkan Juara Umum III (Tiga) dan adapun daftar juara umum MTQH ke-XI Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022 di Kabupaten Bangka Selatan ini sebagai berikut,
Untuk Juara Umum I (Satu) dengan jumlah nilai 98 diraih Kabupaten Bangka Tengah, Juara Umum II (Dua) dengan jumlah nilai 93 diraih Kabupaten Bangka, Juara Umum III (Tiga) dengan jumlah nilai 78 diraih Kabupaten Bangka Selatan, sedangkan Juara Umum IV (Empat) dengan jumlah nilai 72 diraih Kota Pangkalpinang, Juara Umum V (Lima) dengan jumlah nilai 28 diraih Kabupaten Bangka Barat.

(Rachmat)