Bupati Riza di Anugerahi Gelar Kebangsawanan “Mas Manggala” Oleh Kesultanan Kutai Kartanegara

oleh
Penganugrahan Gelar kebangsawanan ”Mas Manggala” kepada Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP yang diwakili Sekda Basel oleh Kesultanan Kutai Kartanegara di Ruang Singgah Sana Istana Kesultanan Kutai Kartanegara Kabupaten Tenggarong, Kalimantan Timur pada Minggu malam (2/10/22).

Bangka Selatan — Gelar kebangsawanan ”Mas Manggala” dianugerahkan kepada Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP oleh Kesultanan Kutai Kartanegara di Ruang Singgah Sana Istana Kesultanan Kutai Kartanegara Kabupaten Tenggarong, Kalimantan Timur pada Minggu malam (2/10/22).

Dalam penyerahan Surat/Piagam Keputusan, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke XXI, Drs. Adji Muhammad Arifin, M.Si mengatakan bahwa Bupati Riza Herdavid yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan Eddy Supriadi, M.Pd. telah resmi menjadi bagian dari keluarga besar Kesultanan Kutai Kartanegara.

Tradisi “Erau Adat Pelas Benua” Kesultanan Kutai Kartanegara merupakan agenda tahunan dalam pemberian gelar kebangsawanan terhadap kerabat dan orang-orang yang berjasa serta orang yang memiliki kepedulian terhadap masyarakat maupun pembangunan.

BACA JUGA :  Kasus Dugaan Korupsi Pimpinan DPRD Masih Menggantung, AMPUH Babel Demo Kejati

Dari informasi yang didapatkan, dalam kegiatan sakral tersebut, pemberian gelar kebangsawan kerabat dan kaula atau “Erau Adat Pelas Benua” Tahun 2022 ini berlangsung dengan meriah dan disaksikan langsung oleh seluruh Forkopimda dan masyarakat Kutai Kabupaten Tenggarong Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam acara sakral tersebut Seizin Bupati Bangka selatan, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan Eddy Supriadi, M.Pd. mengucapkan terimakasih atas sambutan yang luar biasa dari Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-XXI.

“Terimaksih atas sambutan yang sangat luar biasa dari Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-XXI Drs. Adji Muhammad Arifin, M.Si, Kerabat Sultan Kutai Kartanegara dan Forkompinda Kukar, Ini adalah suatu kehormatan bagi kami. Semoga ikatan kekerabatan, suku budaya antara kesultanan Kukar, Pemerintah Kabupaten Tenggarong dan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan terjalin harmonis,”ungkap Eddy Supriadi dalam pers rilisnya.

BACA JUGA :  Pemprov Kep Babel Dukung pendirian Fakultas Kedokteran UBB

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid kepada awak media mengungkapkan rasa syukurnya atas gelar yang telah diberikan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-XXI kepada dirinya.

“Saya mengucapkan terimakasih dan sangat bersyukur atas gelar yang telah diberikan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-XXI, gelar ini akan memotivasi saya untuk terus berbuat dan bekerja untuk masyarakat,” Jelasnya.

Selain itu Bupati Riza Herdavid menambahkan bahwa penganugerahan gelar bangsawan Kutai merupakan sebuah perhatian khusus dari kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

“Pada dasarnya  gelar itu adalah amanah yang harus dicontohkan dalam tindakan sehari-hari, serta dapat diimplementasikan dalam bentuk kegiatan nyata bermanfaat untuk masyarakat, agar dapat mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bangka Selatan,”pungkasnya.(rel)

BACA JUGA :  Peringati Hari Jadi Ke-32 SP Farkes Pangkalpinang Gelar Bakti Sosial