Wabup Debby, Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Sukseskan REGSOSEK di Bangka Selatan

oleh
Wabup Debby Vita Dewi S. E, tanda tangani Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (REGSOSEK) di Ballroom Hotel Grand Marina Toboali, Selasa (27/9/22

TOBOALI – Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi S. E, Mewakili Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP dalam membuka Rapat Koordinasi dalam rangka Koordinasi dan Konsolidasi kegiatan Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (REGSOSEK) yang di laksanakan Badan Pusat Statistik KabupateKabupaten Bangka Selatan di Ballroom Hotel Grand Marina Toboali, pada Selasa (27/9/22).

Pemerintah pusat melalui Kementerian Bappenas (BPPN) melaksanakan program penanggulangan kemiskinan dengan transformasi data menuju registrasi sosial-ekonomi (REGSOSEK).

Program tersebut merupakan strategi pemerintah dalam melakukan perbaikan data dan pengembangan sistem pendataan sosial ekonomi yang terintegrasi dengan cakupan 100 persen penduduk Indonesia.

Dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut Mengusung tema “Mencatat untuk Membangun Negeri Satu Data Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat” REGSOSEK yang diselenggarakan

BACA JUGA :  Pimpin Kegiatan Baznas, Wabup Debby Ajak Seluruh Elemen Masyarakat untuk Menunaikan Zakat

Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi, S.E Seizin Bupati Bangka Selatan menyampaikan, pelaksanaan REGSOSEK merupakan langkah strategis yang tepat dalam pembangunan dan pemulihan Indonesia. Serta dapat kita simpulkan bahwa pelaksanaan Registrasi Sosial Ekonomi menjadi langkah strategis yang tepat dalam pembangunan dan pemulihan Indonesia.

“Insya Allah kita dapat mencapai berbagai tujuan pembangunan strategis, bahkan tujuan pembangunan global, melalui pengembangan REGSOSEK yang komprehensif,”ungkapnya.

Wabup Debby Vita Dewi S.E, dalam sambutannya juga mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama membangun negeri melalui REGSOSEK.

“Pengembangan REGSOSEK masih panjang dan membutuhkan upaya dan jalinan komitmen untuk kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah, dan juga desa/kelurahan. Selain itu partisipasi aktif dari berbagai elemen masyarakat seperti akademisi, pengamat kebijakan, pakar, dan masyarakat umum,” unjarnya.

BACA JUGA :  Jaringan Pipa Distribusi dan Tersier Kecamatan Gerunggang Diresmikan

Dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangka Selatan I Ketut Mertayasa menjelaskan, teknis pelaksanaan REGSOSEK Ialah melakukan sensus penduduk untuk mendata keadaan sosial dan ekonomi seluruh penduduk Kabupaten Bangka Selatan.

“Teknisnya nanti seluruh penduduk di data keadaan sosial ekonominya dan kedepannya datanya untuk pemutakhiran data penerima bantuan pemerintah, karena selama ini data yang terakhir masih menggunakan data tahun 2015.” terangnya.

Untuk data saat ini merupakan hasil pendataan 7 tahun yang lalu, maka sekarang akan dimutakhirkan atau diupdate agar datanya betul-betul mencerminkan kondisi sosial ekonomi masyarakat dibawah.

“Hal ini dilakukan agar Pemerintah dapat menyusun program penanggulangan maupun perlindungan masyarakat yang kurang mampu dan miskin bisa tepat sasaran,”pungkasnya.

BACA JUGA :  Bupati Riza Bersama Wabup Debby Berbagi Takjil Berbuka Puasa kepada Maayarakat

Dalam rangkaian agenda kegiatan tersebut juga dilakukan Penandatanganan Komitmen dan Dukungan Penuh dalam Pelaksanaan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi tahun 2022, agar dapat mewujudkan Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Bangka Selatan. (rcmt)

Sumber : Kominfo Basel