Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bangka Selatan Siapkan Tim Untuk Penelusuran Naskah Kuno

oleh
Acara Sosialisasi Pelestarian Naskah Kuno dan Koleksi Budaya Etnis Bangka Selatan pada Rabu pagi (21/9/2022).

FORUMKeadilanbabel.com, Bangka Selatan — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Selatan menggelar acara Sosialisasi Pelestarian Naskah Kuno dan Koleksi Budaya Etnis Bangka Selatan pada Rabu pagi (21/9/2022).

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan di gedung pertemuan Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan dan di buka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial, H. Haris Setiawan, S.Pi., M.T. mewakili Bupati Bangka Selatan, H. Riza Herdavid, S.T, M.Tr.IP.

Haris Setiawan dalam sambutannya memberikan apresiasi kegiatan sosialisasi tersebut serta berharap agar segera dikeluarkan SK untuk Tim Penelusur Naskah Kuno di Kabupaten Bangka Selatan.

“ini menurut saya gagasan yang luar biasa, Tentunya kedepan dengan adanya Tim Penelusuran Naskah Kuno bisa menjaga dan melestarikan sejarah yang kita miliki, sehingga harapannya ini bisa menjadi wisata sejarah,” ujarnya.

BACA JUGA :  Bupati Riza Hadiri Peresmian Desa Sadai Sebagai Kampung Bahari Nusantara

Selain itu dengan adanya pelestarian naskah kuno dan koleksi budaya etnis, juga dapat mendorong dalam menggerakkan roda perekonomian di Kabupaten Bangka Selatan.

“Disamping itu dengan adanya pelestarian naskah kuno tersebut, nantinya pada akhirnya juga sangat bermanfaat bagi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Bangka Selatan.” tutur Haris Setiawan.

Hal Senada, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Selatan, Sumadi S.Pd, M.M, juga mengutarakan, kegiatan sosialisasi itu merupakan langkah awal untuk pembentukan Tim Penelusuran Naskah Kuno di Bangka Selatan.

“Kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah awal dalam pembentukan Tim Penelusuran Naskah Kuno di bangka selatan. Harapannya kedepan tim ini bisa bekerja menelusuri sekaligus melestarikan naskah kuno yang ada di Bangka Selatan,” jelas Sumadi.

BACA JUGA :  Tersangka Putri Cendrawathi Akhirnya Ditahan

Sumadi selaku kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Selatan juga menambahkan, bahwa ada tiga hal yang diperlukan untuk melestarikan naskah kuno dan koleksi budaya etnis di Bangka Selatan.

“Yaitu peran serta Pemerintah, masyarakat, serta para penulis.” tambahnya.(Rct)