Diskominfo Basel Gelar Bimtek dan Berkomitmen Menuju Bangka Selatan Kota Cerdas

oleh

BANGKA SELATAN_ Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) Quick Win Program Unggulan Gerakan Menuju Kota Cerdas pada Senin (20/9/22).

Masterplan Kota Cerdas (Smart City) Quick Win Program Unggulan Gerakan Menuju Kota Cerdas 2022 Tahap Akhir ini adalah Final Review, Penyelarasan Draft Masterplan Smart City dan Program Quick Win di Kabupaten Bangka Selatan.

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari yaitu hari pertama di Ruang Rapat Gunung Namak Sekretariat Daerah pada Senin (19/9/22) dan hari kedua Selasa di Gedung Serbaguna Bangka Selatan (20/9/22).

Kegiatan tersebut dipandu dan dibimbing oleh Tim Pembimbing Penyusunan Master Plan Smart City Pusat, Dra. Mariam F. Barata, M.I.Kom, Dr. Techn Wikan Danar Sunidyo, Dr. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si, Dodi Septian, S.T., M.T.

BACA JUGA :  Bupati Riza Apresiasi Atas Pembangunan Hotel Sewarna Manunggal Toboali

Pada hari kedua pelaksanaan bimtek ini dilanjutkan dengan Penandatanganan Komitmen Bersama Menuju Bangka Selatan Smart City oleh Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP yang diwakili Sekda Bangka Selatan Edy Supriadi, M.Pd, bersama Forkopimda Kabupaten Bangka Selatan, Intansi Vertikal dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan Edy Supriadi, M.Pd. seizin Bupati Bangka Selatan mengucapkan, terimakasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang telah memberikan kesempatan untuk menjadi salah satu Kabupaten/Kota terpilih dalam Penyusunan Masterplan Smart City dari program Gerakan Menuju Kota Cerdas.

“Smart City atau kota pintar adalah suatu konsep pengembangan kota dengan menerapkan serta mengimplementasikan teknologi secara inovatif, efektif dan efisien. Dengan cara menghubungkan infrastruktur fisik, ekonomi dan sosial dalam mewujudkan kualitas hidup yang lebih baik,”ujarnya.

BACA JUGA :  Lagi, Kasus Dugaan Mafia Tanah, Jaksa Bidik Sekda Belitung

Selanjutnya, Edy berharap dengan selesainya Bimtek dan adanya Masterplan Smart City, Kabupaten Bangka Selatan memiliki roadmap yang terarah dalam pengembangan Smart City.

“Untuk itu saya berharap dengan terlaksananya Bimtek dan tersusunnya Masterplan Smart City ini, Kabupaten Bangka Selatan memiliki roadmap yang terarah dalam pengembangan, baik dari segi teknis, penganggaran dan implementasinya,”tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut tenaga Ahli Dr. Techn. Wikan Danar Sunindyo juga menyampaikan, Bimtek Tahap IV Penyusunan Masterplan Smart City telah sampai pada tahap terakhir, dengan dilaksanakannya penandatanganan Komitmen Bersama dari Pimpinan Daerah dan para Kepala OPD.

Selain itu Dr. Techn juga berharap semoga ini akan menjadi awal untuk pelaksanaan program Smart City di Bangka Selatan pada tahun-tahun berikutnya.

BACA JUGA :  Pimpin Kegiatan Baznas, Wabup Debby Ajak Seluruh Elemen Masyarakat untuk Menunaikan Zakat

“Jadi dengan panduan buku Masterplan Smart City yang sudah disusun di 4 (Empat) bimtek sebelumnya akan menjadi arah dan petunjuk serta target yang harus dilaksanakan dengan tujuan dan visi misi yang tercantum dalam Masterplan Smart City, tinggal monitoring dan evaluasi saja,”paparnya.

(Rct)
Sumber : Diskominfo