Tips Gampang Belanja Kebutuhan Sehari-hari untuk Para Bunda

by -


Baik saat berbelanja di supermarket maupun pasar, membandingkan harga adalah hal yang wajar dan cukup penting. Contohnya saat hendak membeli bawang merah, salah satu bumbu masakan yang paling banyak digunakan para ibu.

Harga bawang merah hari ini sudah jauh lebih murah dibanding beberapa waktu yang lalu. Saat ini berkisar di harga 25.000 hingga 40.000 per kilo. Namun demikian, anda tetap harus membandingkan harga di beberapa penjual.

Meskipun di pasar tradisional terkenal dengan harga yang lebih miring, tapi harga di swalayan-swalayan juga kadang memiliki selisih yang tidak jauh beda.

Belanja di Tempat Paling Murah
Setelah membandingkan harga di beberapa tempat, tips belanja kebutuhan sehari-hari berikutnya adalah berbelanja di tempat yang paling murah.

Ada baiknya, anda juga memperhatikan hal lain selain membandingkan harga. Seperti ukuran volume barang tersebut, kualitas rasa hingga masa kadaluarsanya. Dengan demikian, anda akan bisa membeli barang dengan harga yang lebih terjangkau sesuai kebutuhan dan anggaran.

Belanja di Marketplace


Apakah anda sudah tahu, jika di marketplace ada fitur untuk membandingkan harga antar penjual? Tentu saja ini lebih mudah dan tidak merepotkan seperti saat belanja offline.
Anda hanya perlu mencari toko yang akan dituju, lalu membandingkannya dengan toko lain yang menjual barang serupa atau sama. Waktu yang digunakan untuk ini juga lebih pendek, sehingga anda bisa melakukan kegiatan lain lebih cepat setelahnya.

Bahkan tidak jarang, di ecommerce juga menawarkan harga promo yang jauh lebih murah dari harga pasar tradisional maupun toko ritel. Di beberapa kesempatan, pelanggan juga akan mendapatkan gratis ongkos kirim. Bukankah ini juga menghemat pengeluaran?

Saat sedang berbelanja, ada baiknya memang tidak membeli semua kebutuhan dalam satu waktu. Misalkan untuk membeli kebutuhan rumah tangga seperti perlengkapan MCK, anda bisa melakukannya sebulan sekali atau belanja bulanan.

Sedangkan untuk bahan makanan yang lebih cepat mudah rusak, anda bisa belanja harian maupun mingguan.
Tips belanja kebutuhan sehari-hari di atas, semoga bisa membantu anda untuk memiliki pengeluaran yang lebih tercatat dan bijak. Sebagai tindakan antisipasi, anda juga bisa memberikan anggaran khusus untuk semua kebutuhan belanja, baik belanja mingguan atau bulanan.