MANTUL…Bupati Riza Herdavid Dianugerahi Gelar Kanjeng Raden Tumenggung

oleh
Bupati Riza Herdavid usai terima gelar Kanjeng Raden Tumenggung di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Jum'at (29/7/22) malam.

SURAKARTA – Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menganugrahkan gelar Kanjeng Raden Tumenggung kepada Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP.

Gelar tersebut diberikan langsung oleh Raja Keraton Tingalan Dalem Jumenengan ke-18 ISKS Paku Buwono XIII Kepada Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP saat peringatan malam satu suro di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, yang dikenal dengan acara Mangayubagya, Jum’at (29/7/22) malam.

Acara Mangayubagya ini yaitu Raja Keraton Tingalan Dalem Jumenengan ke-18 ISKS Paku Buwono XIII berkenan memberikan penganugerahan gelar kepada para pejabat yang akan dilaksanakan sebelum prosesi acara kirab pusaka dalam rangkaian acara malam satu suro tersebut.

Bupati Basel, Riza Herdavid saat ikuti Acara Mangayubagya di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Jum’at (29/7/22) malam.

Dianugerahkannya gelar adat tersebut Kepada Bupati Bangka Selatan maka secara otomatis akan menjadi kerabat Keraton Surakarta Hadiningrat, dengan nama Kanjeng Raden Tumenggung Riza Herdavid, Danunagoro S.T., M.Tr.IP.

BACA JUGA :  Jaksa Agung Perintahkan Jajaran di Daerah Berantas Mafia Tanah, Kejari Babar Sediakan Nomor Pengaduan 081274124449

Dalam kesempatan itu, H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP mengatakan acara ini merupakan momen terbaik dan menyampaikan bahwa amanah yang telah diberikan Keraton Surakarta Hadiningrat akan diteruskan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah ini merupakan momen terbaik untuk kami mewakili rakyat Kabupaten Bangka Selatan karena dapat kepercayaan penuh dari Keraton Surakarta Hadiningrat, semoga amanah yang diberikan keraton ini bisa kami teruskan ke masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terutama masyarakat Kabupaten Bangka Selatan,” ungkapnya.

Lebih jauh dikatakan orang nomor satu di Kabupaten Bangka Selatan ini bahwa gelar ini menjadi pemacu untuk bagaimana bisa mengembangkan Kabupaten Bangka Selatan dengan kebersamaan, dengan kekeluargaan, dan gotongroyong.

“Berharap dari kegiatan hari ini sesuai dengan harapan kesunanan bahwa keberkahan, kesehatan, keselamatan selalu menyertai, serta melimpahnya rezeki dan perekonomian bangkit di negara kita tercinta ini,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Bangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Olahraga Futsal

Adapun kriteria penganugerahan gelar dari Raja Keraton Tingalan Dalem Jumenengan ke-18 ISKS Paku Buwono XIII tersebut yakni yang pertama dia adalah pejabat negara, kedua merupakan tokoh-tokoh yang berjasa dan peduli terhadap kebudayaan masyarakat baik budaya setempat ataupun budaya jawa dan yang ketiga yaitu secara spiritual ada sambungan dengan Keraton Surakarta.

Turut hadir dan mendampingi pada acara penganugerahan gelar tersebut Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi, S.E, Ketua DPRD Kabupaten Bangka Selatan Erwin Asmadi, Kajari Basel Mayasari, S.H., M.H, Pabung Kodim 0413/Bangka untuk Wilayah Bangka Selatan Mayor Inf. Amar Wahyudi, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Haris Setiawan, S.Pi., M.T, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Kepala Bagian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan. (Red).

BACA JUGA :  Bongkar Dugaan Korupsi, Pidsus Kejari Pangkalpinang Geledah Kantor PDAM

Sumber: Diskominfo