Disperindag Se-Babel Gelar Rakortek. Hasilkan Sembilan Kesepakatan

oleh

FORUMKeadilanbabel.com, PANGKALPINANG – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek), dengan tema “Strategi Pemulihan Ekonomi Daerah dan Sinegritas Pengendalian Inflasi menuju masa Endemi”, menghasilkan sembilan kesepakatan bersama.

Hasil kesepakatan tersebut akan di bahas dalam Rapat Koordinasi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dengan Bupati/Walikota Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sekretaris Dinas, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Deki Susanto menjelaskan Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) mengundang Disperindag Kabupaten dan Kota bertujuan untuk mengasilkan kesepakatan bersama terakit isu perindustrian dan perdagangan yang ada di Babel.

Setelah dilakukan Rakortek maka Disperindag Se-Babel menghasilkan sembilan kesepakatan. Kesepakatan yang telah di setujui tersebut, lajut Dia. Akan akan disusun menjadi draf kesepakatan bersama, yang kemudian di tandatangani secara bersama-sama dengan harapan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Babel.

BACA JUGA :  Wali Kota Molen Resmikan Rumah Layak Huni di Kelurahan Melintang

Setalah ditandatangani kesepakatan menjadi rekomendasi, akan di bahas dalam pertemun Rapat Koordinasi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dengan Bupati/Walikota Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 28 Juli 2022.

“Rakortek dibuka langsung Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr Ir Ridwan Djamaludin secara virtual bersamaan dengan pembukaan rakortek perangkat daerah. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten, Kota dan Provinsi kemudian melakukan Rakortek untuk melihat permasalahan dan isu yang akan di bahas nantinya,” kata Sekdis Disperindag Babel di ruang kerjanya, Rabu, (27/7).

Oleh sebab itu dirinya berharap, kepada Disperindag Kabupaten dan Kota untuk bersinergi bersama dalam membahas sembilan kesepakatan tersebut dalam Rakor Bupati dan Walikota bersama Gubernur nantinya.

BACA JUGA :  Diskusi Bersama Para Pelaku Ekonomi, Molen Ingin Ciptakan Pangkalpinang Kota Jasa, Dagang dan Industri

“Rapat ini dilakukan dalam rangka merumuskan dan menyepakati bersama isu/pokok masalah di Bidang Perindustrian dan Perdagangan sebagai langkah penyelesaian isu strategis sesuai tema “Strategi Pemulihan Ekonomi Daerah dan Sinegritas PengendalianInflasi menuju masa Endemi”.,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, dari sembilan kesepakatan itu empat diantaranya yaitu, pelaksanaan Operasi Pasar dan Pasar Murah. Penggunaan bahan baku lokal dan produk lokal dalam menguatkan ekonomi masyarakat. Mendorong penguatan penggunaan star-up/marketplace dan toko daring serta melakukan koordinasi dengan Kabupaten/Kota untuk membangun pasar induk distribusi regional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” tambahnya.