Pelayanan Publik Pemerintah akan Digantikan oleh Robot Menuju Excellent Service

oleh
Diskusi Kelompok Peserta PKA Angkatan III Tahun 2022.

Saat ini telah terjadi, disrupsi teknologi digital yang memaksa transformasi pelayanan yang berorientasi pada perilaku konsumen yang berubah, baik pada organisasi publik maupun sektor swasta. Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi pengguna internet terbesar di dunia, dengan 210 juta pengguna internet per Juni 2022 yang memiliki trend meningkat selama 5 tahun terakhir sehingga tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai kurang lebih 77% dari total penduduk yang berjumlah 275,7 juta.

Berdasarkan hal tersebut, maka organisasi secara umum hanya dapat bertahan dan berkembang apabila mampu beradaptasi dan merespon dinamika yang ada, termasuk instansi pemerintah sebagai organisasi publik yang memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat dalam memberikan pelayanan prima (service excellent ). Untuk itu instansi pemerintah wajib melakukan transformasi menuju organisasi digital supaya menjadi ramping dan lincah (lean and agile) serta mampu memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat secara efektif dan efisien. Reformasi Birokrasi menuntut instansi pemerintah dan ASN untuk mengimplementasikan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

BACA JUGA :  Juru Parkir Pasar Ini Ditemukan Meninggal di Pinggiran Jalan, Polisi Lakukan Olah TKP

Transformasi digital adalah segala sesuatu yang mengacu pada suatu proses aktivitas dengan menggunakan atau memanfaatkan teknologi digital, dalam hal ini tidak hanya tentang perubahan dari sistem manual ke digital, tetapi bagaimana teknologi digital ini dapat diimplementasikan untuk menjalankan proses bisnis pada instansi pemerintah. Sistem yang memanfaatkan teknologi digital dan otomatisasi pada proses pelayanan publik dikenal dengan istilah robot. Beberapa contoh sektor pelayanan publik yang telah menerapkan teknologi digital dan otomatisasi (robot) seperti ; pengantian tenaga kerja ASN dengan vending machine dalam pelayanan KTP, mekanisme perpanjangan pajak kendaraan bermotor secara online (e-samsat), pembuatan paspor online (e-paspor), perpanjangan SIM secara online (SIM Online), dan lain lain. Digitalisasi pelayanan publik seperti contoh di atas akan memberikan keuntungan bagi masyarakat sebagai penerima layanan dan pemerintah sebagai pemberi layanan. Adapun manfaat yang diperoleh, antara lain : efisiensi waktu, biaya, tenaga, transparan, adil dan berkualitas.

BACA JUGA :  Bangkitkan Kembali PSR, Syarli: Teng Saya Catat di Alarm Handphone Saya

Penggunaan dan penerapan teknologi digital sebagai sarana pelayanan publik untuk menggantikan cara cara konvensional, memerlukan adanya pempimpin yang komitmen, visioner dan transformasional yang didukung oleh sumberdaya manusia yang kompeten. ASN sebagai sumber daya manusia penyedia dan pemberi pelayanan publik harus melakukan perubahan mindset dan peningkatan kompetensi. Pejabat administrator dalam struktur pemerintahan memiliki peran yang sangat strategis untuk mengkoordinasikan dan menggerakkan seluruh sumberdaya organisasi dalam mewujudkan transformasi organisasi digital. Agar mampu melaksanakan tugasnya, maka pejabat administrator harus memiliki sikap dan perilaku kepemimpinan pancasila yang berintegritas, menjunjung tinggi etika berokrasi dan berwawasan kebangsaan, serta bertanggungjawab dalam memimpin seluruh kegiatan pelayanan publik di unit intsansinya.

BACA JUGA :  Bangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Olahraga Futsal

Mengaktualisasikan kepemimpinan kinerja dan manajemen kinerja sesuai dengan bidang tugasnya dengan melakukan inovasi, kolaborasi, dan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya internal dan eksternal dalam rangka peningkatan kinerja organisasi serta administrasi pemerintahan dan pembangunan di unit instansinya.

Tulisan diatas merupakan hasil diskusi kelompok peserta pelatihan kepemimpinan administrator angkatan III tahun 2022 dengan metode blended learning yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Nasional dan Manajerial ASN LAN di kampus Corporate ASN University Jakarta.