Balai Pemasyarakatan akan Hadir di Belitung, Didampingi Kalapas, Kakanwil Monitoring Progres Pembangunan

oleh
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Bangka Belitung, T. Daniel L. Tobing, SH saat lakukan peninjauan dan monitoring pelaksanaan proyek pembangunan Balai Pemasyarakatan Kelas II Tanjungpandan di Belitung Kamis (21/7/2022).

Belitung FKB – Upaya untuk terus melakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat menjadi fokus Kementerian Hukum & HAM RI. Salah satu dari upaya tersebut dengan membangun berbagai Unit Pelaksana Tekhnis di beberapa Kantor Wilayah Se – Indonesia. Kabar Baik bagi masyarakat pulau Belitung, melalui Kanwil Kemenkumham Babel saat ini tengah dibangun Kantor Balai Pemasyarakatan di bekas Bangunan Eks Lapas Tanjungpandan. Kabar ini menjadi angin segar, Mengingat selama ini masih belum ada UPT Balai Pemasyarakatan di Pulau Belitung. Untuk mendapatkan layanan Pemasyarakatan tersebut masyarakat wilayah Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur membutuhkan waktu yang tidak sebentar, pilihannya adalah menempuh perjalanan ke Pulau Bangka menuju Kantor Bapas Kelas II Pangkalpinang.

Untuk memastikan pelaksanaan Proyek pembangunan berjalan sebagaimana mestinya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Bangka Belitung, T. Daniel L. Tobing, SH lakukan peninjauan dan monitoring pelaksanaan proyek pembangunan Balai Pemasyarakatan Kelas II Tanjungpandan di Belitung Kamis (21/7/2022). Dalam kegiatan ini, Kakanwil Kemenkumham Babel didampingi oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH selaku KPA/ PPK, Kaur Umum Subbag Tata Usaha Lapas KElas IIB Tanjungpandan Ghozali, S.AP, Konsultan Pengawas Asep Cahyana, ST, serta Kontraktor Proyek Bachtiar Silitonga.

BACA JUGA :  Bongkar Dugaan Korupsi, Pidsus Kejari Pangkalpinang Geledah Kantor PDAM

Kepada Media Kakanwil Kemenkumham Babel menjelaskan bahwa Pembangunan Balai Pemasyarakatan ini diharapkan dapat memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat di Pulau Belitung khususnya Layanan dibidang Pemasyarakatan. Balai Pemasyarakatan mempunyai tugas melaksanakan bimbingan kemasyarakatan. Dalam pelaksanaan tugas tersebut Bapas melaksanakan Fungsi diantaranya Melaksanakan Penelitian Kemasyarakatan untuk bahan Peradilan dan Pendampingan Anak Berkonflik dengan Hukum, Melaksanakan Registrasi Klien Pemasyarakatan, Melaksanakan Bimbingan Klien Pemasyarakatan dan Pengentasan Anak, Melaksanakan Penelitian Kemasyarakatan untuk Sidang TPP (Tim Pengamat pemasyarakatan), jelas Daniel

Dalam monitoring ini Dirinya mengingatkan kontraktor agar menjaga mutu dan kualitas pekerjaannya. Ia juga berpesan kepada Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan selaku KPA sekaligus PPK untuk selalu melaporkan progress pembangunan, serta melaksanakan briefing dengan konsultan dan kontraktor terkait teknis dan pemantauan progres pembangunan Balai Pemasyarakata Kelas II Tanjungpandan. Hal ini agar dilakukan secara berkesinambungan, sehingga pembangunan ini dapat terkontrol serta berjalan sesuai dengan progress yang telah ditentukan, tegasnya

BACA JUGA :  Wali Kota Molen Resmikan Rumah Layak Huni di Kelurahan Melintang

Sementara itu Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH selaku KPA sekaligus PPK menjelaskan kunjungan Kakanwil dalam rangka memantau progres pembangunan yang saat ini sedang dikerjakan.

“Untuk target progres pembangunan dalam minggu kedua yaitu berada di angka 3,510%, dan saat ini sudah terealisasi 3,512% deviasi + 0,002%. Untuk nilai kontrak proyek tersebut yaitu Rp. 7.256.376.996, yang dikerjakan oleh Kontraktor CV. Andre Permata Cemerlang dan Konsultan Pengawas PT Binamadya Persada,” ujar Kalapas

Seraya menambahkan, beberapa hal yang menjadi focusnya saat ini adalah kondisi cuaca yang sering hujan di siang hari. Untuk menyikapi hal tersebut dirinya tekah berkoordinasi dengan pihak kontraktor agar pekerjaan dilaksanakan hingga malam hari dengan membagi Shift pekerja.

BACA JUGA :  DPRD Bangka Gelar Rapat Paripurna Perubahan KUA dan PPAS APBD TA 2022 dan Penyampaian Hasil Reses

“Kita selalu ingatkan Pelaksana Teknis Lapangan agar pengerjaan Proyek dengan memperhatikan SOP yang telah ditentukan, baik K3 dan progres pembangunan, selain itu kondisi cuaca, stok material, serta Jumlah pekerja/ SDM, Hal ini menjadi atensi khusus dalam arahan Kakanwil kepada kami. kami berharap pelaksanaan pembangunan dapat berjalan dengan maksimal sesuai target pelaksanaan pekerjaan,” tutup Kalapas.(kdr)