Sosialisasi Asesman Nasional Berbasis Komputer, Ini Harapan Bupati Bangka

oleh
Bupati Bangka, Mulkan saat hadiri Asesmen Nasional Berbasis Komputer, Selasa (19/7/22).

FORUMKeadilanbabel.com, BANGKA – Perkembangan teknologi di dunia pendidikan menjadi tuntutan bagi anak didik sehingga tidak tertinggal dalam dunia digital.

Dalam upaya mengantisipasi hal tersebut. Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Bangka menggelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Asesmen Nasional (AN) Kepada Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Jenjang SMP Tahun 2022, Selasa (19/7/2022) di Aula Pertemuan UPTD SMPN2 Sungailiat.

Dalam pembukaan acara Rakor ini, Bupati Bangka Mulkan SH MH mengatakan bahwa dunia pendidikan sudah dituntut mampu dalam penggunaan tekhnologi, sehingga semua pihak dalam dunia pendidikan di Kabupaten Bangka dituntut mampu menggunakan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi khususnya teknogi digital.

“Semua yang dilakukan sudah menggunakan komputer sehingga harus betul-betul dapat menguasai. Terutama saat melakukan ujian-ujian tidak adalagi yang menggunakan sistem manual semua sudah menggunakan aplikasi sehingga kita harus menyesuaikan terhadap dunia digital ataupun perkembangan teknologi yang ada sekarang ini,” jelas Mulkan.

BACA JUGA :  DPRD Bangka Gelar Rapat Paripurna Perubahan KUA dan PPAS APBD TA 2022 dan Penyampaian Hasil Reses

Lebih jauh Mulkan mengatakan Pemkab Bangka akan selalu mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Bangka.

“Mutu dan kualitas dunia pendidikan terus dievaluasi, Sehingga Pemerintah Kabupaten Bangka terus melakukan upaya-upaya untuk peningkatan terhadap kemampuan ataupun kompetensi di dunia pendidikan,” imbuhnya.

Asesmen Nasional ini bertujuan untuk pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik asesmen nasional tidak sama dengan Ujian Nasional (UN) baik dari sisi fungsi maupun substansi

“Asesmen Nasional menggantikan model evaluasi pendidikan yang cenderung administratif, Terfragmentasi , dan kurang mendorong perbaikan kualitas pembelajaran. Asesmen Nasional mengurangi beban administratif guru dan kepala sekolah sebelumnya harus melengkapi bidang penilaian yang terpisah- pisah tumpang tindih dan berulang tidak efisien,” terangnya

BACA JUGA :  Bangkitkan Kembali PSR, Syarli: Teng Saya Catat di Alarm Handphone Saya

Dikataknnya, mekanisme dan prosedur pelaksanaan asesmen Nasional mengacu kepada prosedur operasional standar ( POS) asesmen nasional yang ditetapkan oleh kepala badan standar kurikulum dan asesmen pendidikan.
“Kedepannya dengan adanya asesmen Nasional maka potret pendidikan diharapkan akan lebih konsisten dalam memberikan penilaian.semoga acara hari ini memberikan prestasi bagi dunia pendidikan khususnya di kabupaten Bangka. Atas nama pribadi dan pemerintah daerah kabupaten Bangka saya berharap semoga kegiatan asesmen Nasional tahun 2022 dapat berjalan lancar dan juga dapat memberikan informasi yang tepat untuk perbaikan kualitas pembelajaran,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dindikpora Kabupaten Bangka Rozali menjelaskan Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang akan menghasilkan informasi yang akurat guna memperbaiki kualitas belajar mengajar sehingga meningkatkan hasil belajar bagi peserta didik.

BACA JUGA :  Bongkar Dugaan Korupsi, Pidsus Kejari Pangkalpinang Geledah Kantor PDAM

“Tujuan asesmen nasional berbasis komputer atau ANBK ini adalah untuk mengembangkan kompetensi dan karakter peserta didik,” kata Rozali.

Kegiatan koordinasi dan sosialisasi asesmen nasional berbasis komputer tahun 2022 ini, diikuti seluruh kepala UPTD SMP Negeri dan SWASTA sekabupaten bangka berjumlah 48 orang, dan diikuti oleh seluruh dari mulai korwas dan pengawas sebanyak 15 orang.(red)