Pemprov Babel Raih Penghargaan Nirwasita Tantra

oleh
Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel, Ridwan Djamaluddin saat menerima penghargaan Nirwasita Tantra di Gedung Auditorium Dr Ir. Soejarwo Gedung Manggala Wana Bakti, Jakarta, Rabu (20/7/2022).

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Kep. Babel) raih penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI. Penghargaan ini diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel, Ridwan Djamaluddin di Gedung Auditorium Dr Ir. Soejarwo Gedung Manggala Wana Bakti, Jakarta, Rabu (20/7/2022).

“Alhamdulillah hari ini Pemprov. Kep. Babel mendapat penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI atas komitmen dan capaian kinerja yang diupayakan bersama masyarakat dalam menjaga serta melakukan kegiatan-kegiatan terkait perlindungan terhadap lingkungan,” ujar Pj Gubernur usai menerima penghargaan Nirwasita Tantra yang diserahkan langsung oleh Wakil Menteri LHK RI, Dr. Alue Dohong.

Penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2021 kriteria Pemerintahan Daerah Tingkat Provinsi diberikan Kementerian LHK RI kepada lima provinsi di seluruh Indonesia. Selain Prov. Kep. Babel, penghargaan Nirwasita Tantra kategori provinsi juga diraih oleh empat provinsi lainnya, yakni Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Provinsi Sumatera Barat.

BACA JUGA :  Bongkar Dugaan Korupsi, Pidsus Kejari Pangkalpinang Geledah Kantor PDAM

“Kita bersyukur telah dipercayakan untuk mendapat penghargaan ini. Namun hal ini tidak semata menjadi akhir cerita, melainkan awal dari sebuah amanah sebagai wujud tanggungjawab kita untuk membuktikan bahwa penghargaan ini memang pantas kita terima,” ujarnya.

Penghargaan Nirwasita Tantra atau yang sering disebut penghargaan _Green Leadership,_ adalah penghargaan pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinan dan pemahamannya terhadap isu lingkungan, respon kebijakan Kepala Daerah dalam menjawab persoalan lingkungan hidup, serta inovasi dan kepemimpinan Kepala Daerah dalam merespon persoalan lingkungan hidup di daerahnya.

Penganugerahan penghargaan ini sendiri telah dimulai sejak tahun 2016. Hingga tahun 2021, tercatat secara kumulatif sebanyak 1137 usulan penerima penghargaan yang terdiri dari 145 usulan dari tingkat provinsi, 691 usulan dari tingkat kabupaten dan 301 usulan dari tingkat kota.

BACA JUGA :  Jaksa Agung Perintahkan Jajaran di Daerah Berantas Mafia Tanah, Kejari Babar Sediakan Nomor Pengaduan 081274124449

Pada tahun ini, telah ditetapkan bahwa penerima penghargaan Nirwasita Tantra dibedakan dalam kategori Provinsi, Kabupaten Besar, Kabupaten Sedang, Kabupaten Kecil, Kota Besar, Kota Sedang, dan Kota Kecil. Pada tiap kategori, diberikan perghargaan kepada tiga Kepala Daerah terbaik, tiga DPRD terbaik, dan lima pemerintahan terbaik.

Melalui penghargaan ini, Pj Gubernur Ridwan berharap semua elemen bersinergi mulai dari kepala daerah di tingkat provinsi, maupun kabupaten/kota untuk menerapkan prinsip _Green Leadership_ dalam rangka mewujudkan kebijakan dan program daerah yang holistik. Sehingga, semua kebijakan maupun program pemerintah akan lebih terintegrasi dalam mencapai percepatan perbaikan kualitas lingkungan hidup.

“Mari kita tingkatkan upaya-upaya perlindungan lingkungan sambil terus memperhatikan kepentingan masyarakat secara umum,” ujarnya.

BACA JUGA :  Wali Kota Molen Resmikan Rumah Layak Huni di Kelurahan Melintang

Pada kesempatan ini, dirinya juga mengucapkan selamat dan apresiasi kepada pemerintah serta DPRD tingkat kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang juga meraih penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2021.

“Saya juga mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Barat dan Kota Pangkalpinang, serta DPRD Kabupaten Bangka Tengah dan DPRD Kota Pangkalpinang yang juga meraih penghargaan yang sama,” ujarnya.

“Sekali lagi, mari bersama kita jadikan penghargaan ini menjadi pemicu untuk terus melakukan yang terbaik demi bumi dan generasi kita yang akan datang,” pungkasnya.(ikp)